Ketika Toko Retail Hadir di Twitter

Sumber: www.futiq.com

Dari hasil analisa tim GDILab pada industri retail di Twitter, Indomaret berhasil menjadi toko retail yang paling banyak dibicarakan sekaligus memiliki exposures tertinggi. Percakapan mengenai Indomaret mencapai 6,805 posts dan exposures-nya mencapai 178,930,256. Bagaimana cara Indomaret berdayakan media sosial Twitter? Apa yang mereka lakukan untuk menarik perhatian netizen?

Sekilas Mengenai Indomaret

Indomaret merupakan minimarket yang dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama. Toko pertama Indomaret dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988. Kini, Indomaret memiliki lebih dari 3.000 jenis produk makanan dan non-makanan serta lebih dari 11.000 gerai yang tersebar pada sejumlah wilayah di Indonesia. Dengan memegang motto “murah dan hemat”, Indomaret mudah kita temukan di pinggir jalan, gedung perkantoran, hingga daerah perumahan.

Cara Indomaret Berdayakan Twitter

Akun Twitter Indomaret, @Indomaret, memiliki lebih dari 281.000 followers. Indomaret menggunakan Twitter sejak bulan April 2010 dan mengikuti lebih dari 8.000 akun.

Berpromosi dengan hashtag (#) KicauanDomar

Indomaret memasarkan layanannya dengan hashtag #KicauanDomar. Hashtag ini biasanya disertai dengan gambar yang menyelipkan candaan sehingga Indomaret meninggalkan kesan toko yang ramah dan menyenangkan bagi para followers-nya.

 

 

Mengadakan kuis melalui #TebakHargaIndomaret

Melalui chatting app LINE, Indomaret mengadakan kuis kepada followers-nya melalui hashtag #TebakHargaIndomaret, Indomaret memberikan tantangan berhadiah menarik bagi pemenang. Strategi lain yang digunakan Indomaret adalah menulis ketentuan kuis di channel media sosial Facebook agar mengarahkan para peminat kuis untuk mengunjungi akun media sosial Indomaret yang lainnya.

Tidak lupa berinteraksi dengan audiens

Indomaret memahami betul bahwa memiliki akun media sosial berarti juga harus berinteraksi dengan audiens. Karena itu, selain memberdayakan Twitter untuk berpromosi, Indomaret juga tidak lupa memberikan respon kepada audiens yang mention mereka.      

 

Melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Program Solidaritas

Indomaret mengembangkan program CSR-nya dengan mengadakan Program Solidaritas Operasi Bibir Sumbing. Penderita bibir sumbing dapat didaftarkan ke dalam program ini untuk mendapatkan operasi bibir sumbing secara gratis.

 

Kesimpulan

Sebagai toko retail yang sudah sangat dikenal masyarakat, Indomaret membangun branding-nya di Twitter sebagai toko yang memiliki pelayanan ramah, kerap memberikan kuis dan potongan harga, serta tidak lupa dengan esensi dari media sosial: berinteraksi dengan audiens. Jika Anda memiliki bisnis dan memanfaatkan media sosial Twitter untuk kelangsungan pemasaran produk, Anda bisa mencoba Social Intelligence Platform GDIAnalytics. Daftarkan email Anda, buat project, masukkan keyword, dan mulai tangkap percakapan mengenai industri Anda di Twitter. Bingung menentukan keyword? Cari tahu di sini.

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook Page, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *