Dalam industri kreatif, banyak profesi yang mendukung terciptanya konten menarik dan berkualitas. Salah satunya didukung dari sisi tulisan atau teks, dimana kita mengenal profesi content writer dan copywriter yang berkaitan dengan hal ini. Meskipun sama-sama ‘writer‘, ternyata keduanya memiliki perbedaan lho.

Berikut ini perbedaan content writer dan copywriter yang dilansir dari getcraft:

  1. Memiliki Tujuan yang Berbeda
    Content writer bertugas untuk membuat konten tulisan atau artikel yang sesuai dengan isu atau tema yang diminta. Artikel juga harus bersifat informatif, edukatif dan engaging. Content writer memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan traffic website atau blog yang tentunya didukung oleh tulisan atau artikel yang menarik dari content writer.
    Sedangkan copywriter tugasnya berkaitan erat dengan pemasaran, sehingga tulisan yang dihasilkan bersifat komersial dan harus bisa membangun suatu tindakan langsung (direct action) dari pembacanya. Tindakan tersebut berupa pembelian atau terlibat dengan campaign yang berkaitan dengan produk atau jasa dari perusahaan.
  2. Gaya Tulisan
    Content writer memiliki bentuk tulisan yang panjang dan detail. Konten yang dibuat pun mengacu pada rumus 5W+1H atau yang biasa digunakan dalam kaidah penulisan jurnalistik. Sangat penting bagi seorang content writer untuk melakukan riset, baik data maupun wawancara agar bisa mengembangkan konten tulisan yang dibuat.
    Sedangkan copywriter memiliki bentuk tulisan yang pendek, seperti headline, tagline dan slogan. Seorang copywriter harus pintar memainkan kata-kata untuk menarik dan mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada konsumen. Kalau kamu tahu ‘I’m lovin’ it’, ‘Just do it’, itu merupakan hasil karya seorang copywriter.
  3. Media yang Digunakan
    Tulisan dari content writer dipublikasikan melalui media yang bisa dibaca dalam waktu lama atau lain waktu, seperti blog atau website.
    Sedangkan media bagi copywriter adalah billboard, poster, web banner, social media ads, social campaign, email campaign, katalog produk dan lainnya. Dimana para pembacanya sendiri memiliki waktu yang singkat untuk membacanya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati karya copywriter pada iklan tv, radio atau apps streaming.

Jadi, gimana, udah tau kan perbedaan antara kedua profesi ini? Karir apa yang akan kamu tekuni nantinya? Content writer atau copywriter?