Tiga Fitur Baru Instagram, Mulai dari Dark Mode Hingga Batasi Stalking

ilustrasi: hypebae

Instagram tampaknya terus mencoba berbagai fitur baru agar platform berbagi foto dan video ini semakin dicintai oleh penggunanya. Hal tersebut bisa dilihat dari munculnya tiga fitur baru yang baru-baru ini dimiliki oleh Instagram. Apa saja tiga fitur baru tersebut? Ini dia:

  1. Tema Dark Mode

Tiga Fitur Baru Instagram, Mulai dari Dark Mode Hingga Batasi Stalking

Tema Dark Mode di Instagram. Sumber foto: instagram-engineering.com

Fitur ini menjadi salah satu fitur yang dinantikan oleh pengguna setia Instagram, karena dapat menghemat daya baterai dan juga mereduksi cahaya pada layar agar mata lebih sehat. Fitur ini sudah tersedia di perangkat berbasis Android maupun iOS. Untuk di iOS, dark mode hanya bisa diaktifkan di iPhone yang menggunakan operating system iOS 13 dengan cara masuk ke menu Settings --> Display --> Dark Mode. Lalu install ulang Instagram ke versi terbaru.

Sedangkan di Android, fitur dark mode juga hanya didukung untuk ponsel dengan sistem operasi Android 10. Masuk ke Settings --> Display --> Night Mode --> On. Cara lainnya adalah dengan join sebagai beta tester, yang dapat anda lakukan di Play Store.

 

  1. Instagram Story Semakin Mirip Snapchat

Tiga Fitur Baru Instagram, Mulai dari Dark Mode Hingga Batasi Stalking

Berbagai fitur terbaru di Instagram Story

Fitur kedua adalah penambahan fitur di Instagram Story. Jika sebelumnya fitur di Instagram Story hanya countdown, polling, Q&A dan quiz, kini Insta Story memiliki berbagai fitur baru seperti on this day, yaitu membagikan konten lama yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya di tanggal yang sama, lalu memungkinkan anda posting konten dengan latar belakang GIF, kemudian template seperti quote of the day, top three accounts to follow dan lainnya. Selain itu, pengguna juga dimudahkan dalam mencari efek visual, yang semakin membuat Instagram mirip dengan Snapchat.

 

  1. Dihilangkannya Following Activity

Tiga Fitur Baru Instagram, Mulai dari Dark Mode Hingga Batasi Stalking

Dihapusnya fitur following activity di Instagram. Sumber foto: Business Insider

Terakhir adalah hilangnya following activity, yang didasarkan untuk menghilangkan stalking antar pengguna. Seperti diketahui, following activity memungkinkan pengguna untuk memantau likes, comments dan aktivitas pengguna lain yang anda follow. Sehingga, jika sekarang anda membuka tab activity, hanya ada aktivitas dari akun anda saja, berupa akun yang mem-follow anda, atau akun yang menyukai postingan anda, tag anda dalam sebuah postingan maupun komentar dan lainnya.

Itulah tiga fitur terbaru Instagram. Tidak menutup kemungkinan akan ada fitur baru lainnya yang akan diluncurkan oleh Instagram ke depannya. Apa fitur yang anda harapkan dari Instagram selanjutnya?