Kecanggihan AI yang Gak Kita Sadari Ada di Kehidupan Kita Sehari-Hari

Kecanggihan AI yang Gak Kita Sadari Ada di Kehidupan Kita Sehari-Hari

Kemajuan teknologi secara kita sadari atau tidak sebenarnya ada di kehidupan kita sehari-hari dan jadi bagian kita dalam beraktivitas. Salah satunya adalah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Secara singkatnya, AI merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang mensimulasikan kecerdasan manusia yang dilakukan oleh mesin dengan sistem komputerisasi.

Sebelumnya, kita bahas sedikit yuk sejarah dari AI. Dilansir dari Teknoiot, pertama kalinya AI dicetuskan oleh John McCarthy, seorang ilmuwan komputer Amerika di tahun 1956 di The Dartmouth Conference, tepat di mana ilmu disiplin lahir. AI dapat melakukan berbagai tugas seperti mengidentifikasi pola dalam data lebih efisien daripada manusia, memungkinkan peluang untuk mendapatkan wawasan lebih banyak dari data tersebut.

Nah, ternyata AI sendiri tuh udah diterapkan di berbagai bidang dan udah jadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa aja? Ini dia yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

 

  1. Gampang Denger Lagu di Spotify dan Nonton Film di Netflix

Siapa nih anak Spotify dan Netflix banget di sini 😀  Nah, secara gak kamu sadari, Spotify dan Netflix juga menggunakan kecerdasan buatan untuk menggabungkan rekomendasi lagu dan film berdasarkan apa yang kamu dengar dan tonton sebelumnya. AI ini akan memberikanmu playlist berupa rekomendasi lagu dan film yang kamu sukai. Wew keren ya.

  1. Filter Email di Gmail

Kamu tau gak kalo ternyata email juga pake kecerdasan buatan untuk memfilter semua email yang masuk ke inbox kita itu bersifat asli. Dilansir dari dewaweb, filter email di Gmail berupaya mengurutkan email ke dalam sejumlah kategori, yakni utama, sosial, promosi, pembaruan, forum dan spam. Dengan menggunakan AI, Google mengklaim kalo pemfilteran ini mencegah lebih dari 99% spam masuk ke kotak masuk email kamu.

  1. Main Media Sosial

Nih buat kamu yang suka akses media sosial, ternyata itu juga ada kecerdasan buatannya lho di dalamnya. Mulai dari feed yang kamu lihat di timeline sampai notifikasi yang kamu dapatkan dari aplikasi, semuanya adalah hasil kerja dari AI. Kalo kamu buka Instagram dan kamu pilih explore, gambar-gambar yang muncul di sana adalah gambar dengan kategori yang sering kamu like atau komen.

  1. Memudahkan Belanja Online

Buat kamu yang sering belanja online, kamu dipermudah dengan teknologi kecerdasan buatan lho. Karena, AI akan membantu menampilkan berbagai produk yang relate dengan produk yang sedang kamu cari.

  1. Nyari Kerja di LinkedIn

Nah kecerdasan buatan ternyata juga diterapkan di LinkedIn, dimana AI digunakan untuk membantu mencocokkan kandidat dengan pekerjaan. Dilansir dari dewaweb, penerapan AI diharapkan dapat menciptakan kecocokan yang lebih tinggi antara perekrut dan calon karyawan.

  1. Membantu Navigasi

Kecerdasan buatan juga diterapkan dalam navigasi, yang tentunya akan memudahkan kamu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, cek lalu lintas secara real-time dan sebagainya. Penerapannya ada di Google dan Apple Maps, aplikasi transportasi online dan platform untuk membeli tiket pesawat.

  1. Face Recognition

Siapa di sini yang absen di kantornya pake scanning muka alias face recognition? Nah ternyata itu juga pake teknologi AI lho. Face Recognition menggunakan otomatisasi pemindai wajah. Teknologi ini kemarin diimplementasikan di Asian Games 2018 lalu untuk meningkatkan keamanan.

Nah itu dia kecanggihan kecerdasan buatan yang bisa kita temui di keseharian kita. Nah, kalo kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang Artificial Intelligence, dateng aja ke Hi-Tech Conference 2019 tanggal 30 November nanti di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta. Karena di sana bakalan ada banyak pembicara yang akan ngebahas seputar teknologi. Siapa aja mereka?

  • Co-Founder Pixar, Alvy Ray Smith
  • President Director of Microsoft Indonesia, Haris Izmee
  • Former CEO of Iflix Malaysia and Air Asia X, Azran Osman Rani
  • Head of Customer and Market Development Asia-Pacific of HERE Technologies, Oliver Marc Shatzle
  • dan speakers keren lainnya

Kecanggihan AI yang Gak Kita Sadari Ada di Kehidupan Kita Sehari-Hari

Gak cuma ngebahas AI aja, kita juga akan ngebahas Robotic, Security, Cloud Computing, Data Privacy dan Digital Map!

Langsung aja daftarkan diri kamu di bit.ly/hitech19