Sumber foto: The Psych Report

Membahas tentang perkembangan teknologi, bisa melalui medium apa saja, salah satunya melalui film. Melihat peluang ini, tidak heran jika banyak sekali film yang membahas tentang kecanggihan teknologi, bahkan memprediksi kecanggihan teknologi di masa depan. Inilah beberapa film yang meramal kecanggihan teknologi di masa depan.

  1. Total Recall (2012)

Lima Daftar Film yang Meramal Kecanggihan Teknologi di Masa Depan total recall - youtube

Total Recall. Sumber foto: YouTube

Film yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger ini sebenarnya telah dirilis pertama kali di tahun 1990, hingga akhirnya dirilis kembali di tahun 2012. Film ini menceritakan tentang kecanggihan teknologi di tahun 2084, di mana saat kehidupan di bumi yang sudah hancur, manusia tetap bisa hidup menggunakan teknologi yang ada di masa mendatang.

  1. Her (2013)

Lima Daftar Film yang Meramal Kecanggihan Teknologi di Masa Depan Her - ulasanfilm

Her. Sumber foto: ulasanfilm

Mau nonton film bergenre romance tapi tetap mengedepankan cerita tentang kecanggihan teknologi? Nonton aja film Her! Film ini menceritakan tentang Theodore (Joaquin Phoenix), seorang pria yang kesepian dan jatuh cinta dengan suara wanita dalam teknologi AI bernama Samantha (Scarlett Johansson). Hmm gimana ya kisah cinta antara manusia dengan sistem operasi ini? Tonton deh filmnya!

  1. Elysium (2013)

Lima Daftar Film yang Meramal Kecanggihan Teknologi di Masa Depan elysium - veegraph magazine

Elysium. Sumber foto: veegraph magazine

Film ini mengambil setting waktu di tahun 2154, di mana kehidupan di bumi berubah karena adanya populasi penduduk dan tingginya tingkat polusi yang menyebabkan penyakit serta kemiskinan terjadi. Sampailah pada cerita di mana kaum elit di bumi bisa pindah tempat tinggal menuju koloni luar angkasa impian semua orang untuk hidup di sana, yang bernama Elysium. Hingga akhirnya salah seorang anak yatim piatu, Max Da Costa (Matt Damon) yang sempat mengubur keinginannya untuk bisa tinggal di Elysium, kembali berjuang untuk bisa ke sana agar dirinya bisa sembuh dari penyakitnya.

  1. Transcendence (2014)

Lima Daftar Film yang Meramal Kecanggihan Teknologi di Masa Depan transcendence - hollywood reporter

Tanscendence. Sumber foto: hollywood reporter

Film ini menceritakan kejeniusan Dr. Will Caesar (Johnny Depp) yang menyalahgunakan kemampuannya untuk melakukan kejahatan. Dr. Will berkeinginan untuk mengacaukan serta menguasai dunia melalui pikirannya di dalam sebuah komputer. Wah ngeri banget ya.

  1. Ready Player One (2018)

Lima Daftar Film yang Meramal Kecanggihan Teknologi di Masa Depan ready player one - youtube

Ready Player One. Sumber foto: YouTube

Melalui film ini, kita bisa mendapatkan gambaran teknologi di masa depan dengan menggunakan virtual reality, yang dapat mengubah kehidupan manusia. Film karya Steven Spielberg ini memberikan gambaran melalui sebuah kendaraan yang bisa berjalan secara otomatis dari jarak jauh yang dibatasi antara dunia nyata dan dunia maya.