Podcast dan Masa Depan Konten di Indonesia

Podcast dan Masa Depan Konten di Indonesia

Anda tentu pernah mendengar kata ‘Podcast’ atau anda mungkin salah satu pendengar setia Podcast? Kemunculan podcast sebagai salah satu media yang menyajikan konten secara on demand, jadi salah satu media yang digemari oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi terkini tentang berbagai hal. Lalu, bagaimana podcast sebagai masa depan konten?

 

Sejarah Kemunculan Podcast

Podcast pertama kali muncul bersamaan dengan iPod yang dirilis tahun 2001 yang merupakan fitur untuk menggantikan fungsi radio. iPod pada mulanya yaitu akronim dari iPod dan broadcast yang kemudian disingkat kembali menjadi Podcast. Perbedaannya adalah, podcast menyajikan konten secara on-demand.

Lambat laun podcast semakin banyak peminatnya, bahkan platform nya juga semakin bertambah banyak hingga akhirnya banyak bermunculan content creator podcast. Bahkan digunakan oleh berbagai perusahaan sebagai sarana untuk mendekatkan diri dengan consumer mereka. Meskipun di Indonesia, dilansir dari dailysocial.id, popularitas podcast di Indonesia masih kalah jauh dibanding Negara lain maupun jenis konten lain.

 

Keunggulan Podcast

Podcast menyajikan konten melalui audio memberikan beberapa keunggulan, yaitu konten nya yang on-demand, alias bisa diputar kapan saja, bisa memilih topik yang disuka dan juga tidak membutuhkan kuota yang terlalu banyak seperti memutar video sampai durasi yang dianggap ideal jadi alasan kenapa banyak orang mendengarkan podcast. Selain itu, pendengar yang tidak mau streaming juga bisa mengunduh podcast yang mereka inginkan untuk didengar kapan saja.

Secara teknis, podcast juga mudah untuk dibuat, membuat kehadiran content creator podcast menjamur. Alasan lain yaitu keakraban yang lebih mudah dibangun melalui podcast, topik yang menarik (sesuai dengan bidang keunggulan podcaster), juga jadi keunggulan lainnya dari podcast.

 

Respon Masyarakat Indonesia Terhadap Podcast

Dilansir dari dailysocial yang bekerjasama dengan JakPat Mobile Survey Platform yang melakukan survey terhadap 2023 pengguna ponsel pintar, mengajukan pertanyaan dan tanggapan masyarakat Indonesia terhadap podcast. Dari survey ini, dapat ditemukan berbagai fakta menarik, yang dapat dilihat di infografis ini:

Infografis Podcast - GDILab

Melihat survey tersebut, tidak menutup kemungkinan podcast akan menjadi salah satu jenis konten yang paling diminati melihat pertumbuhan content creator podcast yang naik sejalan dengan pendengarnya yang juga semakin banyak.

Apa podcast favorit anda?