Menelisik Tren Pembayaran Digital di Indonesia

Menelisik Tren Pembayaran Digital di Indonesia

ilustrasi: tirto

Saat ini pembayaran digital menjadi tren baru di Indonesia. Generasi Y, Z sampai Baby Boomers menggunakan metode pembayaran ini. Kemudahan, aman dan cepat jadi keunggulan yang ditawarkan dari pembayaran modern ini. Seiring dengan perkembangannya, penyedia layanannya pun juga semakin bermunculan, seperti Go-Pay, OVO, DANA hingga LinkAja. Dilansir dari smartmoney, berikut adalah metode pembayaran digital yang menjadi tren di Indonesia.

  1. Virtual Account, adalah nomor identifikasi untuk pelanggan suatu perusahaan yang dibuat oleh bank atas permintaan perusahaan tersebut. Contohnya adalah beberapa merchant, seperti Lazada, Gojek dan sebagainya.
  2. E-money atau uang elektronik, yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membayar listrik dan cicilan hingga bayar tol.
  3. Mobile payment application, yaitu aplikasi pembayaran via mobile. Contohnya, dengan sistem ini, kamu bisa membayar jasa Go-Ride dengan Go-Pay.

Ada satu lagi metode pembayaran digital yang menjadi tren di Indonesia, yaitu e-wallet atau dompet digital. Contohnya adalah DANA, selain bisa menyimpan uang, juga bisa menyimpan kartu kredit di dalam aplikasi untuk memudahkan pembayaran.

Dari empat metode di atas, manakah yang sering anda gunakan?