Jaga Privacy Data di Smartphone dengan Membaca Apps Permission

Ilustrasi: Wired

Banyaknya aplikasi yang bermunculan beserta dengan iming-iming keuntungan yang bisa didapatkan membuat kita sebagai pengguna smartphone terkadang melupakan bahaya yang bisa ditimbulkan. Bahaya ini salah satunya muncul dari kurangnya kewaspadaan kita dalam membaca apps permission dari aplikasi yang akan kita unduh. Apa saja bahaya nya?

Apps Permission

Banyaknya apps permission yang diminta dan bahayanya

  1. Camera

Permission untuk mengambil foto dan video melalui aplikasi. Tentunya anda harus berhati-hati terhadap foto maupun video yang anda sebarkan melalui aplikasi.

  1. Contacts & Phone

Akses ilegal ke kontak anda, media sosial bahkan email anda.¬†Sementara itu permissionread phone status and identity‘ akan memberikan akses membaca nomor IMEI dan nomor telpon anda, bahkan bisa mengakses daftar panggilan anda.

  1. Storage

Membaca memory card bahkan bisa memodifikasi isinya. Tentunya ini sangat berbahaya terhadap privacy foto dan video yang anda miliki.

  1. Location

Aplikasi juga bisa membaca keberadaan anda di mana saja, hal tersebut dapat dilihat dari permission location yang ingin mengakses GPS anda.

  1. Message

Bahkan ada juga apps permission yang meminta izin akses ke message atau pesan yang anda terima. Hal ini tentunya berbahaya, apalagi jika anda mengirimkan kode OTP melalui SMS untuk akses ke media sosial anda.

  1. Other

Permission di bagian ini juga tidak boleh anda lewatkan. Perhatikan dan baca baik-baik permission apa saja yang diminta dari aplikasi tersebut.

Sekali lagi, jangan malas untuk membaca apps permission dari aplikasi yang akan anda unduh. Karena hal ini menyangkut privacy dan keamanan data anda.