Tiga Hal yang Harus Diketahui Tentang Big Data

Tiga Hal yang Harus Diketahui Tentang Big Data

 

Big Data masuk ke dalam berbagai sektor industri saat ini. Tapi, hal pertama yang harus diketahui apakah Big Data dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan pelanggan baru ataupun memperbaiki bisnis anda? Maka dari itu penting untuk memahami Big Data dan bagaimana penggunaannya untuk keuntungan perusahaan anda. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai Big Data dilansir dari Inc.com.

Apa Itu Big Data?

Big Data menggambarkan volume data yang besar, berupa data terstruktur maupun tidak terstruktur. Data yang dimaksud berasal dari interaksi digital, media sosial, transaksi dan lain sebagainya. Berbagai data inilah yang kemudian disebut dengan Big Data (jika penyimpanannya tidak bisa dilakukan melalui penyimpanan data tradisional seperti network storage, database).

Dengan masuknya Big Data ke berbagai industri, maka para pelaku bisnis juga harus mengetahui hal-hal dasar apa saja yang harus dipahami mengingat Big Data merupakan salah satu aset penting dalam perusahaan dan bisnis. Dengan mengetahui Big Data dan mampu mengelolanya, maka anda berada di satu depan lebih maju dibandingkan pesaing anda. Karena anda dapat menentukan penyebab kegagalan, mengetahui titik potensial penjualan serta mengukur tingkat risiko. Lalu hal dasar apa saja yang harus diketahui mengenai Big Data?

  1. Ketahui Jenis Data yang digunakan Perusahaan Anda

Dalam bentuk mentahannya, data harus diproses dan dianalisis untuk mendapatkan manfaatnya. Itulah sebabnya memahami data mentah adalah langkah penting yang harus dilakukan kali pertama. Setelah anda memahami jenis Big Data yang dikumpulkan, anda akan lebih memahami bagaimana menggunakannya untuk keuntungan perusahaan maupun bisnis anda.

  1. Memahami Cara Ekstrak Big Data

Pikirkan mengenai demografi klien, darimana penjualan tertinggi anda berada dan tentukan data mana yang paling penting bagi keberhasilan perusahaan anda. Sebagai pemilik bisnis, anda harus mengarahkan tim anda dalam metode ekstraksi Big Data. Cara inilah yang akan menentukan apakah informasi tersebut bermanfaat atau tidak bagi bisnis anda.

  1. Mengatur Strategi Big Data Selanjutnya

Setelah anda dan tim mengetahui cara mengekstraksi Big Data, anda akan berada dalam posisi yang lebih signifikan dalam mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan Big Data. Adakan pertemuan rutin untuk membahas pemanfaatan Big Data yang telah dianalisis untuk mendapatkan informasi dalam memahami pola dan peluang.

 

Satu hal yang harus dipahami Big Data adalah tools, di mana akan bermanfaat jika dapat dianalisis dan digunakan dengan benar. Hasilnya bergantung pada seberapa kemampuan anda dalam mengimplementasikan data yang ditafsirkan ke dalam operasional bisnis anda. Data harus mudah dipahami dan diintegrasikan ke dalam tujuan perusahaan. Kenali Big Data yang anda kelola dan pahami prosesnya.