Tren Big Data yang Harus Diketahui Entrepreneur

Tren Big Data yang Harus Diketahui Entrepreneur

 

Beberapa tahun terakhir kita telah melihat perkembangan Big Data di berbagai sektor industri. Tentunya tren Big Data ini juga harus diketahui dan dipahami oleh berbagai pelaku bisnis. Karena yang terpenting adalah bagaimana data tersebut digunakan, dianalisis dan disajikan. Berikut ini tren Big Data yang harus diketahui para entrepreneur dilansir dari Inc.com:

  1. Penekanan yang Lebih Berat pada Analitik Prediktif

Setelah anda berinvestasi pada Big Data, saatnya anda fokus pada analitiknya. Perusahaan harus menggunakan Big Data yang dihasilkan untuk menunjukkan kinerja yang telah dilakukan dan mengevaluasi serta menghasilkan analitik prediktif. Perusahaan harus membuat keputusan berdasarkan informasi mengenai masa depan untuk kesuksesan di tahun mendatang.

 

  1. Pembelajaran yang Mendalam

Big Data juga tidak bisa dilepaskan dari Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Hal yang harus dipelajari lebih dalam adalah mengenai pemanfaatan mesin yang didorong oleh jaringan saraf otak manusia. Dengan pembelajaran mendalam, maka akan tercipta jaringan saraf tiruan yang dapat menemukan pola dalam Big Data.

 

  1. Munculnya Data Engineer

Seiring dengan berkembangnya Big Data, maka data engineer pun bermunculan untuk mendukung pemanfaatan Big Data. Bahkan, Data Engineer diperkirakan dapat menggantikan kebutuhan Data Scientist. Sementara para Data Scientist menggabungkan teori mereka dengan tujuan bisnis, Data Engineer membangun dan merancang infrastruktur.

 

  1. Big Data sebagai Self Service

Salah satu efek domino terbesar ialah keunggulan Big Data sebagai Self Service. Perkembangan dari Big Data sendiri akan dimanfaatkan dengan membangun berbagai platform yang memungkinkan pengguna dapat mengakses data hak milik. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan perkembangan bisnis. Tentunya hal ini menjadi peluang besar bagi bisnis perusahaan kecil dan menengah.