Bagaimana Menghadapi Komentar Negatif di Media Sosial

Bagaimana Menghadapi Komentar Negatif di Media Sosial

 

Keberadaan media sosial yang juga diiringi dengan bertambahnya pengguna, serta mudahnya media sosial untuk bisa diakses kapan saja dan di mana saja membuat kemudahan dalam bertukar informasi juga semakin meningkat. Hingga akhirnya semakin banyak ‘netizen’, sapaan untuk pengguna media sosial dengan berbagai macam karakter bermunculan. Sayangnya, kemudahan dalam bertukar informasi ini gak digunakan dengan baik. Semakin banyak juga akun palsu yang bermunculan hanya untuk saling menjatuhkan yang muncul dengan beragam komentar mulai dari yang positif hingga negatif. Lalu, bagaimana menghadapi komentar negatif di media sosial? Berikut penjelasannya dilansir dari Entrepreneur.com:

 

  1. Jangan Hapus Komentar Negatif

Kalau kamu menghapus komentar negatif, sama saja dengan kamu gak mau mendengarkan saran atau kritik dari orang lain. Biarkan ucapan negatif tersebut ada di kolom komentar akun media sosial kamu. Saat kamu mau mendengar komentar positif, kenapa kamu gak mau mendengar komentar yang negatif selama itu bisa memperbaiki diri kamu?

 

  1. Tanggapi dengan Memberi Fakta dan Informasi

Kamu bisa menanggapi komentar negatif tersebut bijak, yakni dengan memberi fakta dan informasi. Kalau banyak orang yang menyalahkan kamu karena konten yang kamu sajikan tidak baik, kamu bisa menanggapinya dengan baik pula. Emosi tidak harus dibalas dengan emosi juga, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi reputasimu.

 

  1. Abaikan dan Lanjutkan

Saat orang-orang masih saja membicarakan kesalahanmu atau hal negatif tentang dirimu, abaikan saja komentar tersebut dan lanjutkan kehidupanmu. Jangan berhenti hanya karena ada beberapa orang yang tidak suka denganmu. Isi media sosialmu dengan konten yang baik dan bermanfaat ya.