Tips Meningkatkan Engagement di Facebook Page

Tips Meningkatkan Engagement di Facebook Page

 

Facebook masih menjadi salah satu platform yang diandalkan dalam mempromosikan sebuah brand. Melalui Facebook Page, merupakan salah satu cara bagaimana para pemilik brand berusaha mengenalkan produk mereka terhadap audiens mereka. Engagement merupakan salah satu tolak ukur bagaimana keefektifan Facebook Page berjalan. Lalu, bagaimana cara meningkatkan engagement di Facebook Page? Berikut caranya dilansir dari Entrepreneur.com:

 

  1. Kurangi Posting

Banyak yang menganggap jika terlalu sering posting konten di Facebook Page akan meningkatkan perhatian audiens. Sedangkan, ada hal lain yang kita lupakan, yakni dengan terlalu sering posting akan menimbulkan kemungkinan kita hanya mementingkan kuantitas bukan kualitas. Posting satu sampai dua kali sehari dengan konten yang menarik akan lebih baik daripada tiga sampai empat namun tidak mendapatkan perhatian dari audiens.

 

  1. Posting Saat Audiens-mu Sedang Online

Setiap brand memiliki waktu yang tepat untuk posting. Kapan waktu yang terbaik? Yaitu saat audiens-mu sedang online. Bagaimana caranya kita tahu mengenai waktu yang dimaksud? Yaitu dengan melihat di bagian Facebook Page Insights, di bawah tab Post, maka kamu bisa melihat data kapan audiens Facebook Page kamu online setiap hari dalam seminggu.

 

  1. Hadirkan Konten Berupa Video

Di tahun 2017, video menjadi konten yang sangat disukai dalam hal jangkauan dan keterlibatan di Facebook. Studi dari BuzzSumo menjelaskan bahwa ‘video saat ini mendapatkan dua kali tingkat keterlibatan daripada format post lainnya secara rata-rata’.

 

  1. Coba Fitur Live

Facebook melaporkan bahwa ‘orang-orang menghabiskan lebih dari 3x lebih banyak waktu untuk menonton Facebook live dibandingkan dengan yang tidak dan lebih banyak 10 kali yang daripada video biasa’. Melihat hal ini, memaksimalkan fitur Facebook Live rasanya menjadi pilihan yang tepat.

 

  1. Minta Pendapat

Mengajukan pertanyaan kepada audiens merupakan cara terbaik untuk memberi kesempatan kepada pengikut kamu di Facebook Page untuk berbagi mengenai pemikiran mereka. Ini berguna untuk kamu tahu apa yang kurang dari konten yang kamu sajikan serta konten apa yang harus kamu tingkatkan.

 

  1. Tingkatkan Postingan Teratas

Kalau kamu punya anggaran untuk iklan Facebook, sebaiknya kamu memanfaatkannya untuk meningkatkan postingan dengan konten terbaik. Dengan penargetan iklan yang tepat, postingan tersebut akan terus melibatkan dan menjangkau banyak khalayak.

 

  1. Ulang Kembali Konten dari Postingan Terbaik

Saat kamu memposting ulang konten dengan atensi yang tinggi dari audiens, maka akan menghasilkan jangkauan dan keterlibatan sebanyak atau lebih banyak dari konten serupa yang telah kamu posting sebelumnya. Ada tipsnya supaya postingan tersebut tidak terlihat membosankan, yakni dengan menambahkan video dan gambar.

 

  1. Lihat Facebook Page Lainnya

Kamu bisa memanfaatkan fitur ‘Pages To Watch’ untuk membandingkan kinerja Facebook Page yang kamu miliki dengan Facebook Page serupa. Kamu juga bisa dengan mudah melihat setiap postingan teratas dari Facebook Page lainnya.

 

  1. Bereksperimen dengan Konten Baru

Jangan takut untuk bereksperimen dengan konten baru. Seperti yang kamu tahu, jika sebelumnya konten gambar di Facebook mendapat perhatian teratas, ternyata di tahun lalu konten video di Facebook mampu menggeser ketertarikan audiens pada konten gambar.

 

  1. Membalas Komentar

Membalas komentar dari audiens di Facebook Page akan membuat mereka merasa didengar dan dihargai yang tentunya akan menarik perhatian mereka untuk terus mengikuti Facebook Page kamu.

 

  1. Buatlah Giveaway

Untuk menarik perhatian audiens, buatlah giveaway untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Semakin luas jangkauannya, kemungkinan brand kamu dikenal banyak orang juga semakin besar.