Tips Membangun Audiens di Media Sosial Untuk Startup

Tips Membangun Audiens di Media Sosial Untuk Startup

 

Membangun atau menarik perhatian audiens terhadap sebuah brand atau produk tidaklah mudah mengingat semakin banyaknya produk atau brand yang bermunculan setiap harinya. Begitu pula dengan Startup, bagaimana memasarkan jasa yang mereka miliki kepada audiens dengan beragam minat, hobi serta kebiasaan juga bukanlah hal yang mudah. Lalu, bagaimana cara membangun audiens di media sosial untuk Startup, baik yang akan maupun sedang mengembangkan Startup? Berikut penjelasannya dilansir dari Entrepreneur.com:

 

  1. Buatlah Profil yang Lengkap

Titik awal dari perhatian audiens yang kuat ialah berasal dari profil yang lengkap. Kalau di Twitter, dimulai dari foto, mengisi deskripsi atau biografi, link website hingga lokasi. Sementara di Facebook, kamu bisa mengisi deskripsi, link website serta nomor telepon. Semakin lengkap profil yang kamu isi, maka akan semakin mudah juga membangun kepercayaan audiens terhadap bisnis yang kamu jalankan.

 

  1. Bagikan Kualitas Konten yang Menarik

Poin ini sering kita bahas dan tentunya gak boleh kita lupakan. Jika di Facebook, kamu bisa membagikan konten dari website, video dan lainnya. Begitu juga dengan Instagram, maksimalkan fitur Instagram Story untuk membantu kamu dalam memasarkan bisnismu. Konten yang dihadirkan juga harus memiliki konsep yang unik dan menarik agar lebih mudah diingat oleh audiens.

 

  1. Cross-promotion Akun Media Sosial

Saat kamu sudah memiliki pengikut yang banyak di suatu platform media sosial, maka kamu bisa meminta audiensmu untuk mengikuti platform lain yang kamu sediakan. Carilah peluang untuk audiensmu saling terhubung di berbagai platform media sosial. Misalnya, buatlah promosi atau penawaran menarik jika mereka follow akun Instagram atau Twitter, atau like Facebook Fanpage dari akun media sosial Startup-mu.

 

  1. Beriklan

Jika kamu punya anggaran lebih untuk beriklan, jangan ragu untuk melakukannya. Kamu bisa mempromosikan akun media sosial Startup-mu kepada target audiens-mu.

 

  1. Bangun Networking dan Berdiskusi

Manfaatkan fitur pencarian teman. Kamu bisa memanfaatkan email untuk menghubungkan media sosial yang kamu miliki dengan orang-orang terdekatmu. Instagram juga bisa memandu kamu ke teman-teman yang ada di Facebook kamu. Manfaatkan juga followers-mu untuk berdiskusi mengenai suatu hal, agar terjadi kedekatan dan terbentuk persepsi audiens terhadap Startup-mu.

 

  1. Manfaatkan Hashtag

Ciptakan hashtag yang khas supaya pengguna mudah mencari konten yang diinginkan. Hashtag juga bisa menjadi ciri khas dan bisa membedakan Startup kamu dengan yang lainnya.