Kesalahan Umum dalam Instagram Marketing

Kesalahan Umum dalam Instagram Marketing

Dengan jumlah pengguna aktif yang terus bertambah setiap harinya, Instagram jadi salah satu platform media sosial yang dimanfaatkan untuk kegiatan marketing. Konten yang dihadirkan mencerminkan citra merek dan reputasi bisnis yang dijalankan. Sehingga, perlu diperhatikan kembali konten yang akan disajikan ke dalam berbagai platform, salah satunya Instagram. Berikut adalah beberapa kesalahan Instagram marketing yang harus anda hindari dilansir dari Blog Hootsuite:

  1. Membeli Likes dan Followers

Melakukan hal ini sama dengan menurunkan reputasi dan kredibilitas brand itu sendiri. Dengan membeli likes atau followers, maka angka yang dihasilkan mengenai engagement dan sebagainya maka juga perlu dipertanyakan. Daripada membeli likes atau followers, ada baiknya anda membangun komunitas yang nyata melalui merek anda dengan memberi respon balik terhadap komentar yang ada di postingan anda. Bagaimana caranya agar banyak orang terlibat di dalam postingan anda? Siapkan konten yang menarik pastinya. Anda juga bisa mempromosikan akun anda melalui ads, tautkan akun Instagram di platform media sosial lainnya atau website anda. Pastikan akun anda mudah ditemukan dengan memberi nama akun yang sama di tiap platform.

  1. Menggunakan Gambar Berkualitas Buruk

Posting konten dengan kualitas gambar yang buruk akan menurunkan tingkat profesionalisme brand. Satu hal yang harus diketahui adalah mengapa orang tertarik untuk mengikuti suatu akun ialah karena melihat tampilan visual yang menarik. Manfaatkan berbagai aplikasi yang mampu mendukung terciptanya konten yang menarik. Gunakan berbagai perspektif terkait konten anda agar terlihat lebih bervariasi.

  1. Posting Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit

Jangan membuang waktu untuk membuat konten yang banyak namun tidak memiliki kisah dan jangan pula membuang waktu dengan tidak membuat konten sama sekali. Postingan yang terlalu banyak namun tidak memiliki kisah maupun postingan yang terlalu sedikit akan menurunkan engagement Instagram anda. Pastikan anda posting konten secara konsisten untuk mempertahankan dan meningkatkan audiens Instagram anda. Tips dalam menyajikan konten adalah dengan memperhatikan analitik tiap postingan yang anda hadirkan. Anda juga bisa bertanya atau melakukan survey kepada pengikut anda. Selain itu, perhatikan juga waktu posting serta kualitas konten, karena kedua hal tersebut juga berpengaruh besar terhadap engagement postingan anda.

  1. Tidak Memperhatikan Analitik

Mengabaikan analitik Instagram sama saja dengan anda kehilangan informasi penting yang dapat membantu anda dalam merencanakan strategi di masa depan. Analitik berperan besar dalam menunjukkan kepada anda mengenai konten apa saja yang berhasil dan tidak serta membantu anda dalam mengenal audiens anda lebih baik. Analitik membantu anda dalam mengetahui postingan yang paling disukai, berapa jumlah pengikut baru, tingkat keterlibatan serta presentase jangkauan Instagram.