Mengenal Fitur IGTV

Mengenal Fitur IGTV

Anda pasti tahu IGTV, fitur Instagram untuk video yang lebih panjang dan dirancang layaknya televisi berbasis media sosial. IGTV mendukung video long form hingga satu jam long-shot dalam orientasi vertikal. Seperti yang dilansir dari Blog Hootsuite, fitur ini akan mengambil seluruh layar smartphone seperti Instagram Stories dapat diakses tidak hanya melalui aplikasi Instagram, tetapi bisa melalui aplikasi IGTV secara terpisah.

Platform yang telah memiliki 1 miliar pengguna aktif ini dikabarkan bersaing dengan YouTube dan Snapchat Discover dalam hal fitur video berdurasi panjang. Dengan IGTV, Instagram berfokus dengan target audiens yang lebih muda dan konten menarik untuk disimak. Melalui fitur ini, setiap orang bisa menjadi content creator dengan mengunggah video di IGTV dan bisa memulai channel sendiri.

Untuk menemukan saluran IGTV, pengguna dapat swipe up layar ponsel dan memilih saluran mana yang ingin ditonton ataupun diikuti. Pengguna dapat melanjutkan menonton video yang telah dimulai sebelumnya atau menonton video baru dari channel yang menurut algoritme IGTV disukai oleh pengguna berdasarkan kebiasaan menonton sebelumnya. Pengguna juga bisa mengakses konten IGTV pengguna lain dari bawah bio atau profil Instagram pengguna tersebut. Anda juga bisa memberi likes, komentar dan share video melalui direct message di IGTV.

Untuk memulai IGTV, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Video dapat berdurasi hingga 60 menit
  • Video bisa berkapasitas hingga 3.6gb
  • Video dalam format MP4
  • Video harus berukuran 9:16

Selamat berkreasi di IGTV!