Mengelola Media Sosial Tanpa Menguras Waktu

Mengelola Media Sosial Tanpa Menguras Waktu

Social media marketing memiliki dampak yang luar biasa terhadap brand awareness hingga masuk ke tahapan penjualan lainnya. Untuk memaksimalkannya, dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Dilansir dari Social Media Today, 63% marketer menghabiskan 6 jam atau lebih dalam seminggu dalam aktivitas pemasaran media sosial dan 19% menghabiskan lebih dari 20 jam dalam seminggu. Berikut tips mengelola media sosial tanpa menguras waktu:

  1. Membatasi Penggunaannya

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mencari tahu di mana keberadaan audiens anda. Hal ini akan menghemat waktu anda dengan mempersempit jaringan yang perlu anda ikuti. Setelah itu, maka anda dapat beralih ke jaringan paling populer berikutnya untuk audiens anda.

 

  1. Mengotomatisasi

Ada tiga metode yang dapat anda coba dalam poin ini:

  • Dengan melakukan penjadwalan memungkinkan anda untuk merencanakan postingan anda terlebih dahulu sehingga anda tidak perlu harus selalu berada di media sosial jika anda ingin posting sebuah konten. Beberapa tools seperti Buffer, Hootsuite, Tweetdeck bisa anda coba.
  • Anda perlu cara mudah untuk menemukan informasi berharga dari pakar lain yang dapat anda bagikan. Beberapa tools yang bisa anda coba ialah Tweetdeck, yang berguna untuk memantau arus influencer industri. Lalu Nuzzel untuk membuat bulletin berdasarkan apa yang melibatkan teman-teman anda di media sosial.
  • Anda juga perlu mengetahui apakah seseorang menyebutkan bisnis atau industri anda di media sosial, sehingga anda dapat terlibat dalam percakapan tersebut dan mengatasi masalah yang terjadi. Tools yang bisa anda coba adalah Tweetdeck dan SEMRush.

 

  1. Analisis

Tentukan tujuan dari social media marketing anda, misalnya untuk menciptakan brand awareness, meningkatkan traffic atau penjualan. Setelah itu, anda perlu melacak metric media sosial anda untuk melihat strategi anda untuk mencapai tujuan tersebut.