Mengenal dan Memanfaatkan Algoritme Facebook

Mengenal dan Memanfaatkan Algoritme Facebook

 

Pada awal tahun ini, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Facebook akan mengubah algoritme feed untuk memprioritaskan konten dari lingkaran terdekat, seperti teman, keluarga dan grup. Sehingga, anda akan melihat lebih sedikit postingan dengan konten bisnis, brand dan media. Hal ini tentunya membuat para pengguna yang ingin menggunakan Facebook sebagai platform pemasaran bisnis harus bekerja lebih ekstra untuk menciptakan brand awareness. Tenang, Facebook menawarkan beberapa petunjuk tentang apa yang bisa dilakukan untuk menjangkau pelanggan melalui platform ini. Berikut langkahnya dilansir dari Blog Hootsuite:

  1. Komentar

Postingan yang umumnya tidak mendapatkan reaksi atau komentar akan menurunkan engagement. Maka dari itu sertakan konten berkualitas yang fokus pada memicu percakapan di antara pengguna. Coba sertakan pertanyaan di postingan anda atau tuliskan topik yang tepat dan relevan yang sudah pasti akan direspon oleh pengguna.

  1. Reaksi

Konten yang mendapatkan love, like atau respon berupa emoticon tentunya akan berpengaruh terhadap meningkatnya engagement anda. Dengan begitu, maka postingan anda akan lebih mudah untuk muncul di bagian paling atas di feed.

  1. Komentar Balasan

Algoritme Facebook saat ini juga mengukur balasan komentar, bukan hanya memberikan komentar. Balasan komentar menandakan adanya konten yang menginspirasi antar pengguna. Hal ini memiliki arti bahwa anda ingin mempublikasikan konten yang menginspirasi pengguna untuk menandai teman-teman mereka di kolom komentar dan memulai percakapan.

  1. Berbagi situs melalui Messenger

Membagikan situs ke beberapa teman melalui Facebook Messenger lebih baik daripada membagikan situs ke ‘wall’ mereka. Karena, berbagi situs melalui Messenger ke teman atau grup bisa meningkatkan engagement.

  1. Share post

Begitu juga dengan share post. Postingan yang di-share akan menaikkan engagement dan terlibat dalam algoritme Instagram yang dimaksud.