Dalam memanfaatkan media sosial sebagai strategi pengenalan merek dan bisa menjangkau audiens yang lebih banyak melalui berbagai platform yang ada, terdapat beberapa kesalahan umum yang dilakukan. Di antaranya mereka tidak mengetahui perbedaan antara pemasaran di media sosial dan iklan di media sosial. Iklan media sosial sendiri mengacu pada pembelian iklan bergambar di platform media sosial, sedangkan pemasaran media sosial mencakup aktivitas apapun (membuat konten, keterlibatan dengan audiens dan sebagainya). Keduanya sama penting dalam mengenalkan merek anda.

Setiap pembaruan konten di dalam media sosial anda, tidak harus selalu memiliki komponen pemasaran dengan konten menjual produk atau layanan anda. Pemasaran media sosial sama dengan membangun kepercayaan dengan audiens anda, di mana anda menambahkan nilai kepada audiens anda melalui kiat, saran dan hiburan yang bermanfaat.

Sementara itu, iklan media sosial dianggap sebagai tempat di mana anda memiliki prospek untuk menjual brand anda atau terciptanya tindakan lanjut dari audiens anda. Dalam iklan media sosial, anda harus melakukan promosi dan ajakan bertindak yang jelas. Karena, jika tidak audiens anda akan berlalu dan melewati iklan anda tanpa berpikir dua kali.