Alasan Mengapa Strategi Media Sosial Tidak Berjalan Efektif

Alasan Mengapa Strategi Media Sosial Tidak Berjalan Efektif

 

Dalam memanfaatkan media sosial sebagai strategi pengenalan merek dan bisa menjangkau audiens yang lebih banyak melalui berbagai platform yang ada, terdapat beberapa kesalahan umum yang dilakukan. Di antaranya mereka tidak mengetahui perbedaan antara pemasaran di media sosial dan iklan di media sosial. Iklan media sosial sendiri mengacu pada pembelian iklan bergambar di platform media sosial, sedangkan pemasaran media sosial mencakup aktivitas apapun (membuat konten, keterlibatan dengan audiens dan sebagainya). Keduanya sama penting dalam mengenalkan merek anda.

Setiap pembaruan konten di dalam media sosial anda, tidak harus selalu memiliki komponen pemasaran dengan konten menjual produk atau layanan anda. Pemasaran media sosial sama dengan membangun kepercayaan dengan audiens anda, di mana anda menambahkan nilai kepada audiens anda melalui kiat, saran dan hiburan yang bermanfaat.

Sementara itu, iklan media sosial dianggap sebagai tempat di mana anda memiliki prospek untuk menjual brand anda atau terciptanya tindakan lanjut dari audiens anda. Dalam iklan media sosial, anda harus melakukan promosi dan ajakan bertindak yang jelas. Karena, jika tidak audiens anda akan berlalu dan melewati iklan anda tanpa berpikir dua kali.

Dua hal ini berpengaruh terhadap berjalannya strategi media sosial yang efektif. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari Inc.com, caranya adalah dengan menciptakan strategi media sosial yang komprehensif. Dalam menciptakan strategi media sosial yang efektif, ciptakanlah strategi yang mencakup unsur pemasaran dan periklanan. Ciptakan materi kampanye untuk keduanya, yakni iklan media sosial dan pemasaran media sosial yang berbeda. Kemudian, jangan ragu untuk beriklan, agar brand anda mampu mencapai audiens yang anda tuju.