Tips Kreatif Mengoptimalkan Strategi Media Sosial

Tips Kreatif Mengoptimalkan Strategi Media Sosial

 

Dengan terus meningkatnya jumlah pengguna, kini media sosial semakin dimanfaatkan keberadaannya untuk meningkatkan brand awareness, mendorong terciptanya bisnis baru atau sekadar memberi hiburan kepada followers. Dilansir dari Entrepreneur.com, kini jumlah pengguna media sosial berada di angka lebih dari 2,5 miliar dan diperkirakan akan terus bertambah di tahun-tahun mendatang.

Para marketer pun paham bahwa memanfaatkan media sosial juga harus diimbangi dengan strategi yang canggih, seiring dengan banyaknya pesaing yang ada. Strategi tersebut juga harus diimbangi dengan cara kreatif untuk bisa meningkatkan kinerja dari media sosial itu sendiri. lalu, bagaimana cara kreatif untuk mengoptimalkan strategi media sosial tersebut? Berikut tipsnya dilansir dari Entrepreneur.com:

  1. Memanfaatkan Semua Platform Media Sosial

Jika beberapa tahun lalu Twitter dianggap sebagai platform paling efektif untuk melakukan kegiatan pemasaran, kemudian beralih ke Facebook dan sekarang ke Instagram, membuat pemahaman bahwa tidak ada yang tahu jaringan media sosial mana yang akan menjadi favorit para marketer. Marketer harus menyadari bahwa sangat berbahaya jika hanya fokus pada satu platform. Marketer harus mengembangkan pemahaman tentang target audiens karena tiap platform digunakan untuk tujuan yang berbeda.

  1. Berinvestasi dalam Influencer Marketing

Beberapa brand terkemuka di dunia mengandalkan influencer marketing untuk menjangkau pengguna media sosial. Hal ini dilakukan karena melihat semakin banyaknya iklan tradisional yang tersebar dan dinilai berjalan kurang efektif. Untuk mengatasi hal ini, beberapa brand bergantung pada konten bersponsor yang dibuat oleh social media influencer untuk membangun koneksi dengan target audiens.

  1. Ciptakan Momen Berkomentar Secepat Mungkin

Sebagian besar platform media sosial bergantung pada algoritme untuk menentukan postingan apa yang akan ditampilkan dengan jelas, contohnya adalah Facebook dan Instagram yang mengutamakan poin engagement. Salah satu bentuk poin yang bisa meningkatkan engagement adalah ‘komentar’. Postingan yang menerima lebih banyak komentar sering ditampilkan lebih utama dalam feed media sosial, seperti contohnya di halaman explore Instagram. Semakin cepat anda bereaksi terhadap komentar, semakin besar kemungkinan audiens lain akan terlibat dengan konten anda.

  1. Tingkatkan Jangkauan Melalui Audiens yang Serupa

Pemasaran media sosial tidak hanya bergantung pada konten organik untuk meningkatkan jangkauan. Setelah anda menyiapkan strategi yang jelas, anda harus menyertakan beberapa elemen berbayar untuk memperkuat jangkauan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjangkau audiens yang serupa. Audiens yang serupa bergantung pada algoritme yang dikembangkan oleh jejaring sosial untuk membantu anda terhubung dengan pengguna yang mirip dengan profil audiens ideal anda. Caranya? Cukup unggah daftar alamat email yang terkait dengan audiens terbaik anda ke platform seperti Facebook dan Facebook akan mengidentifikasi pengguna lain sesuai dengan susunan demografis dan psikografis yang serupa. Kemudian anda dapat menjalankan ads atau iklan untuk mendorong audiens ke situs web atau halaman bisnis anda.

  1. Mengukur Kesuksesan Strategi Melalui On-Platform dan On-Site Measurement

Analytics merupakan cara terbaik untuk memahami apakah strategi anda berfungsi atau tidak. Pastikan anda mengukur metric di tiap platform dengan melihat pertumbuhan pengikut, engagement dan sebagainya. Lihat juga apakah mereka mengunjungi situs web anda? Apakah mereka terlibat dengan konten di web anda secara menyeluruh? Semua bergantung pada tools yang anda gunakan, salah satunya dengan Google Analytics, anda akan tahu apakah strategi yang anda lakukan mengarah pada hasil bisnis yang bermakna.

  1. Ciptakan Identitas Brand yang Jelas dan Unik

Media sosial adalah tempat di mana para pengguna terus mengevaluasi kembali apa yang mereka lakukan dan tidak mereka inginkan di dalam feed media sosial mereka. Maka dari itu, penting untuk mengembangkan identitas brand yang jelas dan menarik. Jika tidak, kehadiran media sosial bagi anda tidak mendatangkan sesuatu yang bermakna. Kembangkan strategi yang mengartikulasikan identitas brand yang jelas dan unik dengan menggunakan konten multimedia campuran untuk menceritakan kisah yang kohesif.

  1. Temukan Cara Kreatif untuk Menghibur

Menemukan cara kreatif untuk menghibur pengguna media sosial adalah cara yang bagus untuk membangun pengikut organik. Kembangkan editorial plan anda dan pastikan anda memasukkan momen-momen menyenangkan yang membuat para pengikut merasa senang tentang brand anda. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beberapa momen perayaan besar dan bersejarah di dunia, lalu mengembangkan video yang menghibur dapat menjadi cara yang bagus untuk membawa kegembiraan bagi para pengguna media sosial.