Tips Meningkatkan Engagement di Instagram

Tips Meningkatkan Engagement di Instagram

 

Instagram telah menarik perhatian para marketer dalam mempromosikan brand mereka. Dengan pengguna aktif bulanan lebih dari 600 juta, Instagram menjadi salah satu platform media sosial dengan keterlibatan tertinggi di antara yang lainnya. Hal tersebut yang membuat para marketer tertarik untuk mencoba lebih terhubung dengan khalayak mereka. Tetapi, untuk mendapatkan atau bahkan meningkatkan engagement, semuanya tidak terjadi secara cepat. Terdapat beberapa hal terkait cara untuk meningkatkan engagement di Instagram. Berikut tipsnya dilansir dari Entrepreneur.com:

  1. Gunakan Warna yang Kuat dan Solid pada Konten Anda

Semua followers anda kemungkinan mengikuti akun brand lain, tugas anda adalah bagaimana caranya untuk membuat brand anda terlihat berbeda dan menarik. Gambar yang didominasi oleh satu warna hampir selalu mengungguli mereka yang tidak memiliki satu warna tetap. Pastikan bahwa sebagian besar foto Anda menampilkan nuansa satu warna yang kuat. Menurut sebuah studi oleh Curalate, gambar dengan warna biru cenderung lebih banyak disukai 24%.

  1. Melakukan Ajakan

Sama seperti strategi pemasaran online lainnya, untuk hasil yang tepat anda memerlukan ajakan yang kuat. Tentunya anda ingin pengguna anda terlibat lebih jauh dengan mengunjungi situs anda. Jika Anda ingin pengguna mengunjungi situs Anda, beri mereka alasan yang tepat (masukkan link Anda di profil, karena Instagram tidak bisa memposting link secara langsung).

  1. Mendorong Followers untuk Berdiskusi

Anda dapat menyatakan pendapat yang kuat dan mengundang sudut pandang yang kontras atau mengajukan pertanyaan kepada followers anda. Tujuannya adalah untuk membuat pengguna berdiskusi di antara mereka sendiri. Setelah adanya diskusi, anda dapat terlibat dengan pengguna secara langsung. Berhati-hatilah agar tidak terlalu politis atau kontroversial.

  1. Gunakan Hashtag yang Benar

Hashtag adalah saluran yang kuat untuk mencapai lebih banyak visibilitas untuk postingan anda. Orang-orang menggunakan hashtag untuk menemukan gambar yang sesuai dengan tema tertentu, sehingga setiap hashtag yang anda gunakan dapat meningkatkan peluang gambar anda untuk ditampilkan dalam hasil penelusuran tersebut. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan hashtag, jika anda menggunakannya terlalu banyak atau dengan tidak semestinya, anda dapat mematikan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak interaksi.

  1. Perhatikan Penggunaan Ilustrasi

Salah satu yang harus diperhatikan adalah penggunaan wajah dalam konten yang ditampilkan di Instagram. Memasukkan gambar wajah asli dalam Instagram dapat mendorong lebih banyak koneksi sosial dengan pengguna dan menciptakan kontak berkelanjutan. Pastikan untuk menggunakan wajah asli, bukan gambar stok atau ilustrasi.

  1. Perhatikan Caption Anda

Caption memiliki efek yang kuat pada interaksi dengan pengguna anda, meskipun gambar tetap menjadi pusat perhatian di Instagram. Perhatikan bagaimana panjang caption Anda, pilihan kata-kata yang akan anda gunakan karena berpengaruh terhadap likes dan comment yang akan anda terima.

  1. Promosi Silang

Jika brand anda terdapat di sebuah platform selain Instagram, manfaatkanlah promosi silang. Bagikan postingan Instagram anda di Twitter dan Facebook, karena pengguna di platform tersebut akan mewakili berbagai demografi dan akan memiliki lebih banyak opsi komentar dan keterlibatan. Jika anda terhubung dengan influencer, anda juga dapat memanfaatkannya sebagai ekstensi jaringan brand anda.

  1. Posting di Waktu yang Tepat

Banyak pendapat berbeda mengenai waktu yang tepat untuk posting di Instagram. Waktu yang tepat bagi anda mungkin berbeda, jadi luangkan waktu untuk mempelajari bagaimana reaksi audiens anda dan sesuaikan strategi anda agar sesuai dengan kebutuhan mereka.