Pengaruh Email Marketing dalam Mengenalkan Brand

Pengaruh Email Marketing dalam Mengenalkan Brand

 

Surat elektronik telah mengambil alih konsep pengiriman pesan pribadi dan profesional untuk membuat komunikasi lebih cepat dan tepat. Dilansir dari Entrepreneur.com, jumlah rata-rata email yang dikirim dan diterima setiap hari telah mencapai 269 miliar. Statistik ini sudah cukup untuk memberi tahu potensi email.

Dengan pilihan saluran pemasaran yang tepat, sebuah brand memiliki peluang untuk tidak hanya mengenalkan produk mereka kepada target market mereka, melainkan juga meningkatkan jumlah pelanggan. Email marketing adalah saluran pilihan untuk membangun kesadaran, menarik perhatian dan mengubah prospek. Hal ini tentunya dapat membantu anda untuk melakukan segmentasi konten pemasaran, menjangkau secara individu dan mempersonalisasikan komunikasi anda. Berikut penjelasan mengapa email marketing penting dalam pemasaran brand anda:

  1. Meningkatkan Pengenalan Merek

Pengakuan merek adalah sejauh mana masyarakat atau target market anda dapat mengidentifikasi merek berdasarkan atributnya. Jadi, pastikan saat anda mengirim email, biasanya berupa newsletter, sertakan logo merek dan penanda visual lainnya. Warna dan grafis harus konsisten di setiap email yang anda kirim. Atribut merek dapat meningkatkan kesadaran yang pada waktunya akan menarik perhatian terhadap produk dan layanan anda.

  1. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Retensi pelanggan berfokus pada strategi yang membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan sebanyak dan selama mungkin. Jika anda mengirimkan jenis email yang tepat, yakni pada waktu dan frekuensi yang tepat, maka konsumen akan terus kembali kepada anda. Kirim email berupa informasi berupa produk atau layanan baru dari brand anda.

  1. Menetapkan Otoritas

Email marketing harus menunjukkan apa yang telah anda capai dan seberapa baik anda mengenal industri anda. Menawarkan tips berharga, informasi penting di dalam sebuah konten email marketing dapat membantu anda dalam membangun otoritas yang pada akhirnya mampu meningkatkan nilai brand anda. Jika informasi yang anda sampaikan memiliki nilai yang tinggi, besar kemungkinan akan diteruskan ke lebih banyak orang yang tentunya akan menciptakan image baik terhadap brand anda.

  1. Meningkatkan Hubungan

Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, anda harus berinvestasi dalam menciptakan komunikasi yang ideal. Solusinya adalah melalui email marketing. Baik terhadap konsumen baru ataupun konsumen lama, email yang anda kirim akan membantu mereka dalam mengenal brand anda lebih baik lagi hingga mereka mempercayai brand anda.