Jadikan Konten Marketing Anda Viral

Jadikan Konten Marketing Anda Viral

 

Membuat konten foto atau video agar menjadi viral bukanlah hal yang mudah. Namun jika anda berhasil menciptakan formula yang terbaik, bukan tidak mungkin hasil dari viralnya konten yang anda buat akan meningkatkan pemasaran ke level bisnis brand awareness hingga mengonversi pengunjung menjadi pembeli produk yang anda jual.

Memang bagian tersulit dalam membuat konten adalah mempromosikannya. Tidak banyak juga yang bisa mengulangnya, atau mereplikanya. Namun, tetap, teori selalu ada. Selebihnya tinggal bagaimana anda mengolah formulanya menjadi satu suguhan yang mampu menarik perhatian audience anda.

Dilansir dari Inc.com, pertama dan paling utama, anda harus memiliki rencana atau strategi marketing yang jelas dan terukur. Baik offline maupun online, digital maupun konvensional, pemasaran yang baik akan selalu beranjak dari kemampuan anda mengenali pelanggan atau konsumen. Rencana pemasaran yang baik harus mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan konsumen anda.

Baik foto maupun video, memiliki tantangan yang sama jika ingin menjadi viral yaitu bagaimana agar konten yang anda buat dibagikan oleh pengunjung anda. Bagi yang memiliki pengikut hingga jutaan, mungkin tidak sulit, namun bagi startup atau pengguna media sosial yang pengikutnya sedikit, tentu dibutuhkan marketing plan yang mampu dieksekusi dengan baik.

Jangan lupa memasukkan strategi mem-viral-kan konten anda ke dalam marketing plan yang anda buat dan pastikan cakupannya seluas mungkin. Besar kemungkinan konten video atau foto marketing yang anda buat hanyalah bagian awal dari Marketing Plan, oleh sebab itu jangan melupakan elemen-elemen marketing yang lain seperti website yang up to date, konten-konten lain yang bermutu, dan tak lupa pula layanan pelanggan yang memuaskan.

Dalam konsep video atau foto yang anda buat, pastikan terdapat unsur-unsur yang merefleksikan brand anda dengan halus. Jangan terlalu agresif apalagi anda melakukan hard selling atau terang-terangan menjual sebuah produk dalam konten tersebut. Tentu saja anda boleh menyebutkan produk anda, namun carilah sudut pandang yang sesuai dan menarik serta menghibur dan informatif. Pastikan unsur-unsur entertaining menjadi porsi paling besar dibandingkan promosinya.

Setelah itu, mulailah dengan membuat konsep video atau foto yang ingin anda unggah atau bagikan. Anda bisa belajar dari berbagai video atau foto yang pernah viral, dari sana anda akan melihat bahwa beberapa di antaranya mampu menggugah sisi emosional anda yang membuat anda ingin membagikan foto atau video tersebut kepada teman-teman anda. Video lucu, seram, sedih atau bahkan mengherankan yang mampu menggugah perasaan ketika menontonnya bisa anda masukkan dalam strategi anda membuat konten.

Terakhir dan tidak kalah penting, ikutilah trend yang sedang hype saat ini. Dengan memasukkan topik populer di video atau konten foto akan membuat persentase ketertarikan orang lain pada konten anda meningkat. Sebagai contoh anda bisa membuat parodi dari film atau peristiwa yang sedang up to date ke dalam konten anda lalu menghubungkannya dengan produk atau merek yang akan anda pasarkan. Sebagai informasi, dari berbagai hasil penelitian yang beredar, telah menunjukkan bahwa 44% penonton akan kabur setelah 1 menit menyaksikan sebuah video. Oleh sebab itu, masukkan elemen paling penting pada awal konten anda seperti momen emosional atau sesuatu yang informatif.