Tips Membangun Brand Melalui Instagram

Tips Membangun Brand Melalui Instagram

Indonesia memiliki angka 45 juta pengguna aktif atau Monthly Active User (MAU) di Instagram. Dengan angka pengguna aktif sebesar itu, Indonesia mencatat prestasi sebagai negara dengan pengguna Instagram terbesar se-Asia Pasifik. Di sebuah acara bertemakan ‘Discover Your Story’ pada Juli tahun lalu, Country Head Facebook Indonesia, Sri Widowati membeberkan bahwa para artis, content creator hingga pebisnis telah benar-benar memaksimalkan manfaat yang diberikan oleh Instagram.

Bagi para marketer kreatif, pemasaran digital atau digital marketing menggunakan Instagram telah menjadi sebuah keharusan dan bukan lagi sebuah pilihan. Mengapa? Karena Instagram mudah digunakan oleh para kreator. Kelebihan lain, karena Instagram lebih mengutamakan konten visual, maka menarik perhatian pengguna Instagram telah diakui secara statistik lebih mudah dibandingkan menarik perhatian penguna Facebook maupun Twitter.

Lalu bagaimana agar strategi pemasaran anda mencapai hasil yang maksimal melalui Instagram? Dilansir dari Inc.com, pertama yang harus diingat adalah Instagram hanya sebuah tools atau perangkat atau platform yang anda gunakan. Jadi, yang harus anda lakukan adalah benar-benar mengelolanya dengan baik.  Untuk itu, anda harus menentukan target yang ingin anda capai melalui Instagram. Entah itu mengenalkan brand identity pada pengikut, meningkatkan brand awareness atau meraup engagement pengunjung akun anda.

Setelah tahu apa target dan tujuan anda, maka buatlah tema Instagram yang menarik. Tema di sini bisa berupa pemilihan warna atau apapun yang membuat feed anda rapi dan sedap dipandang. Membuat target audience anda betah untuk mencari tahu apapun yang anda unggah. Selanjutnya, pastikan akses menuju website anda juga dapat diakses pada ponsel target audience mengingat para pengguna Instagram banyak mengakses-nya melalui ponsel mereka.

Karena Instagram adalah platform yang mengutamakan visual, maka buatlah unggahan yang menarik yang menjelaskan merek anda. Namun ingat, jangan berlebihan dan terlalu banyak embel-embel yang tidak perlu. Perhatian seseorang akan teralihkan dalam delapan detik, jadi sangat penting untuk mencuri perhatian target audience anda secara cepat dengan gambar yang jelas dan bermakna.

Pastikan yang anda unggah adalah foto atau gambar yang mewakili atau menjelaskan tentang produk atau merek anda. Selain itu, pastikan logo atau link anda juga ada di dalam unggahan sehingga para pengikut dapat menemukan anda dengan mudah.

Buatlah jadwal pada setiap unggahan anda. Jika anda seorang pemula, anda bisa melakukan unggahan sebanyak 4 kali dalam sehari. Gunakan Hashtag untuk membuat unggahan anda muncul pada laman explore. Instagram sendiri memberi batasan untuk menggunakan Hashtag yaitu 30. Jangan lebih karena akan dianggap overuse oleh Instagram. Terakhir, manfaatkan fitur Instagram Story yang disediakan oleh Instagram karena Instagram Story akan mampu membantu profil anda untuk pop up. Jika anda memilki dana lebih, anda juga bisa menggunakan jasa promote yang disediakan oleh Instagram.