Bangun Hubungan, Hindari Terlalu Fokus pada Target Jumlah Followers

Tak dipungkiri, cukup banyak akun media sosial brand atau produk yang mengutamakan pertumbuhan jumlah followers di atas segala-galanya. Hal ini merupakan kekeliruan yang perlu diluruskan, karena media sosial bukan hanya mengenai pertumbuhan jumlah followers, tetapi tentang bagaimana membangun hubungan dengan mereka. Jika hubungan sudah terjalin, bukan tidak mungkin followers baru akan berdatangan. Berikut tips dan trik untuk membangun sebuah hubungan dengan konsumen:

1. Be Real

Konsumen brand atau produk lebih menghargai sebuah transparansi. Jadilah autentik dan terbuka. Berbicaralah tentang proyek-proyek terbaru yang sedang Anda kerjakan. Jujur dan meminta maaf terhadap setiap kesalahan yang Anda lakukan. Ketika hal-hal tersebut sudah dilakukan, maka itulah awal dari menjalin hubungan dengan konsumen.

2. Belajar untuk mendengarkan

Mendengarkan merupakan salah satu skill yang sangat diperlukan dalam membangun hubungan dengan konsumen. Tunjukkan pada konsumen bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka katakan. Dengan mendengarkan konsumen, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya yaitu mempersiapkan content yang lebih baik sesuai yang konsumen butuhkan.

3. Menyediakan content yang bernilai

Setelah mendengarkan suara konsumen dan mendapatkan masukan dari apa yang konsumen butuhkan, cari cara yang tepat untuk mengolahnya menjadi sebuah content. Pastikan bahwa content yang Anda buat mengandung nilai-nilai tertentu sehingga konsumen mempunyai alasan untuk membagikan kepada orang lain, bisa berbentuk saran dari pakar, wawancara yang menarik, petunjuk penggunaan, dan lain-lain. Ketika Anda sudah konsisten dalam mengunggah konten yang berkualitas, Anda dapat membangun kepercayaan dengan pembaca.

4. Berbaik hatilah

Orang yang ingin mencari teman, hal pertama yang harus dilakukan yaitu menunjukkan bahwa dirinya ramah, bukan? Tiru cara tersebut untuk membangun hubungan dengan konsumen, mulai dari menjawab pertanyaan mereka, repost postingan mereka, promosikan proyek yang sedang mereka kerjakan, dan lain-lain. Ketika seseorang meninggalkan komentar yang berharga di website Anda, email dan respon mereka secara personal.

5. Menjalin percakapan

Menjangkau konsumen sesekali bagus, namun jika dilakukan secara berkelanjutan akan lebih baik. Cari cara lain untuk meningkatkan engagement dengan cara yang paling umum, hingga cara yang paling spesifik. Menjalin percakapan dengan konsumen bisa dilakukan dengan tanya jawab seputar brand atau produk, menjalankan survei, dan lain-lain.

6. Mulai dengan topik yang disukai

Orang tentu lebih menyukai pembicaraan tentang topik-topik yang disukai terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mulai percakapan dengan mempromosikan brand atau produk Anda. Buka percakapan dengan topik yang disukai, oleh karena itu penting untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh konsumen Anda. GDILab.com hadir sebagai solusi untuk mendapatkan informasi konsumen di media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *