Kesalahan-kesalahan Umum yang Terjadi Dalam Penggunaan Hashtag

Hashtag merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menjangkau lebih banyak orang di media sosial, khususnya pada Instagram dan Twitter. Namun cukup banyak pengguna media sosial yang masih belum paham mengenai fungsi dan tujuan dari hashtag sehingga seringkali terdapat kesalahan-kesalahan terhadap penggunaannya. Berikut kesalahan paling populer terhadap penggunaan hashtag yang sebaiknya Anda hindari:

1. Menggunakan hanya hashtag yang populer

Kesalahan paling umum pertama yaitu menggunakan hashtag yang paling populer saja. Menggunakan hashtag yang paling populer memang dapat menjangkau lebih banyak orang. Namun faktanya, Anda tidak akan mendapat hasil yang diinginkan. Misalnya penggunaan #tbt atau #fashion, dua hashtag tersebut merupakan hashtag paling populer di Instagram karena digunakan hampir jutaan orang setiap harinya. Tentu saja Anda akan mendapat banyak likes, namun bukan dari orang yang benar-benar tertarik pada bisnis Anda. Maka pastikan Anda memilih hashtag berdasarkan kata kunci yang terkait dengan brand atau produk Anda.

2. Tidak melakukan observasi

Kesalahan lainnya dalam penggunaan hashtag yaitu tidak melakukan observasi. Ada baiknya untuk melakukan observasi terlebih dahulu di kolom pencarian hashtag yang tersedia di Twitter atau Instagram. Akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika Anda observasi satu persatu. Hal yang paling mudah yaitu dengan menggunakan social media analytic tools. Dengan analytics.gdilab.com akan membantu Anda dalam memetakan keyword yang paling berkaitan dengan bisnis Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pencarian secara manual.

3. Menolak menggunakan hashtag lokal

Hal ini dilakukan jika Anda berniat untuk menargetkan calon konsumen di suatu daerah tertentu. Melibatkan diri Anda pada suatu komunitas merupakan cara terbaik untuk membangun sebuah hubungan dan mendapat tambahan jangkauan dari masyarakat sekitar.

4. Tidak mencoba menggunakan hashtag baru

Menggunakan hashtag yang sama secara terus menerus dan tidak melakukan pencarian hashtag baru dapat menjadi suatu kesalahan. Sebaiknya ambil waktu khusus untuk membarui daftar hashtag. Seperti yang sudah Anda ketahui, perkembangan media sosial sangatlah dinamis, temukan waktu untuk mencari hashtag yang dapat bekerja lebih efisien untuk brand atau bisnis Anda.

5. Tidak menggunakan hashtag yang relevan

Kesalahan selanjutnya yaitu menggunakan hashtag yang tidak relevan dengan bisnis Anda. Biasanya demi menjangkau lebih banyak orang, Anda mencantumkan hashtag sebanyak-banyaknya meskipun banyak yang tidak relevan. Mulai sekarang, gunakan hashtag sesuai dengan kebutuhan dan korelasikan dengan brand atau produk Anda.

6. Menggunakan banyak hashtag

Penggunaan hashtag yang berlebihan tentunya akan menghilangkan pesan yang ingin disampaikan. Sebaiknya jangan gunakan lebih dari lima hashtag dalam setiap postingan.

7. Tidak memonitor hashtag yang telah digunakan

Menganalisa dan memonitor keberhasilan sebuah hashtag sangat penting untuk menjadi bahan evaluasi ke depannya. Gunakan social media analytic tools untuk memonitor keberhasilan sebuah hashtag. Jumlah jangkauan dan banyak tidaknya audience yang menggunakan hashtag tersebut merupakan beberapa tolak ukur keberhasilan sebuah hashtag.

8. Tidak menggunakan hashtag sama sekali

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh sebuah akun bisnis atau brand yaitu sama sekali tidak menggunakan hashtag. Sebesar apapun perusahaan atau brand Anda, sangat penting untuk menyertakan hashtag dalam setiap postingan yang dibuat. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sedang membangun brand awareness di media sosial, hashtag adalah komponen yang tidak boleh terlewat.

One thought on “Kesalahan-kesalahan Umum yang Terjadi Dalam Penggunaan Hashtag

  1. Pingback: 5 Tips Memaksimalkan Instagram untuk Membangun Bisnis | GDILab Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *