Pentingnya Media Sosial Bagi Bisnis Ukuran Kecil – Menengah

Saat ini internet dan media sosial telah mengubah segalanya, termasuk dalam hal marketing atau pemasaran. Mengapa? Pertama, media sosial memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang untuk mengenalkan produk yang Anda miliki dengan biaya yang relatif terjangkau. Anda bisa menjangkau siapa saja tanpa terikat tempat dan waktu. Kedua, media sosial telah menjadi tempat yang dipercaya konsumen untuk mengeluarkan suaranya di media sosial.

Perubahan ini memunculkan banyak kesempatan bagi perusahaan dan entrepreneur. Internet serta media sosial memberikan kesempatan pada bisnis ukuran kecil atau dikenal sebagai start up untuk menjangkau orang yang tepat dengan produk yang tepat serta waktu yang tepat. Dengan adanya media sosial memungkinkan perusahaan kecil meluaskan jangkauan mereka dan berkompetisi dengan perusahaan yang lebih besar dengan biaya yang jauh lebih efektif.

Penting untuk brand awareness

Jika ingin berhasil, sebuah brand harus diawali dengan membangun sebuah brand awareness terlebih dahulu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu caranya yaitu menggunakan promosi di media sosial. Namun, agar tepat sasaran perlu untuk mengetahui informasi tentang calon konsumen Anda terlebih dahulu, minimal dari segi ketertarikan, umur, domisili, dan lainnya. Anda bisa mengetahuinya melalui percakapan-percakapan yang ada di media sosial.

Media sosial Twitter, Facebook, Instagram, dan lain-lain bukan hanya efektif dari segi biaya namun juga dalam segi membangun kepercayaan dengan konsumen. Melalui akun media sosial tersebut, setiap harinya konsumen dapat menerima informasi tentang perkembangan produk atau jasa perusahaan Anda dan mulai berinteraksi dengan mereka. Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel 5 Fakta Generasi Millennial, Pelaku Bisnis Wajib Tahu, masyarakat lebih menyukai brand yang berinteraksi di media sosial.

Dari segi perusahaan, dengan menggunakan social media analytic tools, Anda akan mendapat informasi tentang konsumen yang bermanfaat bagi pengembangan produk selanjutnya. GDILab.com merupakan social media analytic tools yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan social media marketing bisnis Anda. Tak hanya mendengarkan percakapan di media sosial, GDILab.com memungkinkan Anda untuk memetakan influencer mana yang cocok untuk bisnis Anda. Pemilihan influencer tentunya tidak bisa hanya mengandalkan jumlah followers saja. Perlu keterkaitan dan relevansi antara sosok influencer dengan brand yang Anda miliki. Kesempatan membesarkan bisnis, ada di tangan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *