Menjadi Entrepreneur, Bukan Hanya Soal Produk

Menjadi seorang entrepreneur berarti menjalankan bisnis. Tak mudah untuk menjadi seorang entrepreneur. Satu hal yang harus dimiliki oleh calon entrepreneur adalah berani dalam mengambil risiko. Tak ada yang pasti dalam berbisnis, hal ini dikarenakan pentingnya untuk selalu mengikuti perkembangan tren yang ada.

Produk vs Bisnis

Dalam berbisnis memang tidak dapat dilepaskan dari produk. Seorang entrepreneur harus mempunyai produk, namun hal ini tidak serta merta Anda harus selalu fokus pada produk semata. Sebelum masuk lebih dalam, Anda perlu memahami perbedaan kedua definisi.

Menurut KBBI, produk adalah barang atau jasa yang dibuat dan ditambah gunanya atau nilainya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi itu. Sedangkan bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan.

Dalam hal ini bisnis meliputi semua hal yang menyangkut dengan produk. Jika bisnis menghasilkan servis yang baik kepada konsumen sedangkan produk menghasilkan produk yang baik kepada konsumen.

Apa yang harus dilakukan jika ingin mulai menjalankan bisnis?

Mulailah bisnis Anda dengan sebuah data. Misalnya produk apa yang akan Anda buat, siapa target pasarnya, apa perbedaan produk Anda dengan kompetitor, dan lain-lain. Media sosial merupakan sarana yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data. Banyaknya data yang terdapat di media sosial tentu akan menyulitkan Anda dalam mengolah dan menyimpulkan data, untuk itulah diperlukan sebuah analytic tools. analytics.gdilab.com dari GDILab.com merupakan social media analytic tools yang bisa Anda andalkan dalam mengumpulkan dan menganalisis data di media sosial. Menggunakan data sebelum menjalankan bisnis akan menghindari Anda dari trial and error saat mulai menjalankan bisnis.

Menyenangkan hati konsumen

Setelah menganalisa data, Anda dapat mulai membuat produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Pastikan untuk terus memperhatikan dan mempertahankan kualitas produk. Jika konsumen menyukai produk yang Anda buat, bukan tidak mungkin konsumen akan menjadi marketer produk Anda secara sukarela dengan cara menyebarkan di media sosial mereka masing-masing, karena marketer terbaik bisnis Anda adalah konsumen Anda sendiri, seperti yang ditulis pada artikel Marketer Terbaik dalam Bisnis.

Kesimpulannya, dalam berbisnis utamakan data agar bisa membuat produk yang diinginkan konsumen. Menggunakan data yang valid menghindarkan trial and error dalam berbisnis. Selain data, pastikan Anda memberi pelayanan yang memuaskan. Konsumen senang, bisnis pun tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *