Memanfaatkan Peringatan Hari Spesial untuk Meningkatkan Pemasaran di Media Sosial

Menjadi seorang entrepreneur haruslah jeli dalam melihat peluang-peluang yang ada. Salah satunya yaitu melihat peringatan hari spesial, sebut saja seperti hari Valentine, Halloween, Natal, dan lain-lain. Tentunya gunakan peringatan hari spesial yang berkaitan dengan bisnismu.

Beberapa peringatan hari spesial dapat dijadikan cara untuk menjangkau konsumen dari segi emosional, seperti peringatan hari Ibu atau hari Guru. Berikut beberapa tips dan trik untuk menjadikan peringatan hari spesial sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan atau pemasaran.

1. Ambil kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baik

Peringatan hari spesial seperti hari Kesehatan Nasional, banyak dipilih sebagai momen menyebarkan kebaikan yang membutuhkan bantuan banyak orang. Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang kesehatan, hal ini bisa Anda relasikan dengan kampanye peringatan hari Kesehatan Nasional. Anda bisa turut menyumbang sekian persen dari keuntungan yang didapat untuk pengadaan alat-alat kesehatan di rumah sakit tertentu. Dengan turut serta dalam peringatan hari Kesehatan Nasional, citra bisnis Anda di mata masyarakat menjadi sangat positif. Namun jangan sampai Anda melakukannya hanya demi pencitraan.

2. Tidak ada salahnya untuk membuat orang tertawa

Inilah alasan mengapa iklan komersial televisi yang lucu bisa menjadi sangat populer. Dengan membuat orang tertawa atau minimal tersenyum dapat membuat produk Anda diingat dengan baik oleh konsumen. Sama halnya dengan media sosial, content lucu atau seringkali disebut dengan meme sering dijadikan pilihan untuk menarik perhatian calon konsumen. Sesekali tidak ada salahnya memberikan sentuhan humor pada pemasaran produk Anda yang terkait dengan peringatan hari spesial. Pastikan humor tidak menyinggung SARA agar tidak menimbulkan kontroversi.

3. Utamakan visual yang menarik

Otak manusia secara alami lebih tertarik dengan content dalam bentuk visual. Saat membuat content yang terkait dengan perayaan hari spesial, pastikan kamu menyertakan content dengan visual yang baik. Nyatanya, postingan Facebook dengan menggunakan gambar mempunyai 37% lebih banyak engagement daripada postingan tanpa gambar. Di Twitter, tweet dengan gambar bisa mendapatkan 150% retweet lebih banyak daripada tweet tanpa gambar.

4. Pengetahuan adalah kunci

Pada dasarnya konsumen menyukai hal-hal baru, khususnya pengetahuan yang bisa dibagikan ke banyak orang. Anda dapat melakukan hal ini dengan memberikan informasi melalui tulisan di blog terkait dengan peringatan hari spesial. Misalnya informasi mengenai asal usul diperingatinya hari Guru, hari Kesehatan Nasional, dan lain-lain. Selain dalam tulisan di blog, Anda juga dapat membuat jenis content lainnya yang lebih menarik seperti infografis dan video content.

Setelah menggunakan empat trik di atas, Anda dapat mengukur keberhasilan pemasaran Anda dengan menggunakan analytic tools. Data tersebut berguna untuk menjadi bahan evaluasi apa yang bisa ditingkatkan dan apa yang harus ditinggalkan pada perayaan hari spesial selanjutnya. Salah satu produk analytic tools buatan Indonesia yang bisa Anda andalkan yaitu GDILab.com. Analytic tools asli buatan Indonesia ini memang menjadikan UKM atau start up sebagai target pasar sehingga tak heran harganya jauh lebih murah namun tetap mempunyai kualitas yang mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *