Kesalahan dalam Facebook Marketing yang Tidak Boleh Terulang

Facebook merupakan salah satu media sosial yang cukup diandalkan dalam social media marketing. Meski sudah cukup lama diandalkan, namun masih banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh Facebook brand yang ternyata dapat memberikan efek negatif. Beberapa kesalahan dalam Facebook Marketing di bawah ini sebaiknya tidak Anda ulang:

1. Content yang sedikit dan tidak konsisten

Satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam Facebook Marketing yaitu content yang Anda sebarkan. Pastikan dalam sehari, akun Facebook Anda mempunyai content untuk disebarkan. Tentukan jumlah yang sama setiap harinya, misalnya Anda bisa menerapkan aturan minimal dua postingan setiap hari. Setelah menerapkan aturan ini, Anda harus menjalankannya secara konsisten. Anda dapat menggunakan fasilitas schedule post untuk memudahkan mengelola content di Facebook.

2. Menginginkan likes, comment, dan share dengan cara berlebihan

“Jika kamu setuju, maka klik likes / comment postingan ini..”

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kalimat di atas. Cara tersebut merupakan salah satu kesalahan Facebook Marketing yang sebaiknya tidak Anda ulang. Apabila content yang Anda buat menarik, tentunya tanpa diminta pun konsumen atau user akan dengan sukarela menyukai atau menyebarkannya.

3. Tidak mengutamakan friendly mobile user

Saat ini mobile phone merupakan barang yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mobile phone menjadi pintu informasi dari media sosial, sehingga jika Anda menyebarkan content di Facebook maka pastikan bahwa content Anda mudah diakses oleh orang-orang yang menggunakan mobile phone.

4. Mengabaikan komentar atau pertanyaan

Mengabaikan komentar di Facebook bisa menjadi bumerang bagi brand atau bisnis Anda ke depannya. Tanggapi dengan bijak apapun yang masuk ke dalam kolom komentar. Sesederhana ucapan “terima kasih” pun, konsumen atau user akan menyambutnya dengan senang hati.

5. Berjualan sepanjang waktu

Berjualan terus menerus sepanjang waktu juga akan memberikan efek negatif bagi brand atau perusahaan Anda dalam Facebook Marketing. Sesekali tak melulu harus berjualan, Anda bisa menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi konsumen dan quotes inspiratif dari para tokoh yang terkait dengan brand Anda.

Selain menghindari lima kesalahan di atas, agar dapat memaksimalkan Facebook Marketing, gunakanlah analytic tools yang dapat memberikan insight berupa pemetaan keyword, bentuk content apa yang paling digemari, waktu terbaik untuk menyebarkan content, hingga evaluasi sentimen terhadap content yang telah dibuat. Analytics.gdilab.com dari gdilab.com bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik dalam memilih analytic tools untuk kebutuhan Facebook Marketing Anda.

One thought on “Kesalahan dalam Facebook Marketing yang Tidak Boleh Terulang

  1. Pingback: Mitos-Mitos tentang Facebook yang Sebaiknya Jangan Dipercaya | GDILab Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *