Tips dan Trik Memaksimalkan Postingan di Media Sosial

Saat ini media sosial merupakan salah satu yang dapat diandalkan dalam kegiatan marketing. Tak heran setiap perusahaan atau brand, memiliki akun media sosial yang berisikan informasi-informasi penting mulai dari informasi produk, keluhan pelanggan, dan masih banyak lagi. Jika perusahaan atau brand Anda tergolong baru dalam dunia media sosial, enam ulasan di bawah ini patut disimak untuk memaksimalkan postingan Anda di media sosial:

1. Membuat content yang berkualitas

Dalam media sosial, content adalah kunci utama dalam hal menarik perhatian calon konsumen. Jika contentcontent yang Anda buat mampu menarik perhatian konsumen, maka sudah dapat dipastikan bahwa content terbaru akan selalu dinantikan. Pastikan bahwa content yang Anda buat mempunyai relevansi yang kuat terhadap brand perusahaan Anda dan informasi yang akan disampaikan adalah informasi yang akurat. Jika memungkinkan tambahkan sumber-sumber terpercaya sebagai bahan referensi Anda dalam membuat content.

2. Tulislah judul atau caption yang menarik

Judul atau caption yang menarik adalah langkah kedua yang bisa Anda lakukan setelah mempunyai content yang berkualitas. Judul yang menarik menjadi jembatan untuk calon konsumen membaca atau menyimak content yang telah Anda buat. Satu hal yang perlu Anda hindari yaitu membuat judul yang tidak sesuai dengan content yang dibuat, pastikan judul dengan isi content relevan.

3. Sertakan gambar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa postingan dengan gambar yang menarik cenderung lebih disukai daripada postingan yang hanya menampilkan teks tulisan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mulai menyertakan gambar di setiap postingan yang Anda buat.

4. Menulis lebih panjang

Penulisan yang lebih panjang, terutama di Facebook dapat meningkatkan rasa ingin tahu calon konsumen. Selain Facebook, jika brand Anda memiliki blog maka tulislah lebih panjang karena tulisan yang panjang dapat memuat beberapa kata kunci yang akan menguntungkan Anda dari segi SEO.

5. Perhatikan waktu-waktu terbaik

Aktif menerbitkan content di media sosial merupakan salah satu cara untuk meningkatkan branding. Namun yang perlu Anda perhatikan yaitu pemilihan waktu. Jika Anda terbiasa menggunakan jam yang sama dalam tujuh hari, bukan tidak mungkin konsumen akan mengalami kebosanan dan melewatkan postingan Anda setiap kali muncul di halaman feeds. Ada baiknya untuk mulai mencari waktu-waktu alternatif. Misalnya Anda terbiasa menggunakan jam 12.00 siang sebagai salah satu waktu terbaik untuk menerbitkan postingan saat siang hari, mulai sekarang tidak ada salahnya Anda untuk mulai melirik jam 13.00 atau 14.00. Jika Anda bingung untuk menentukannya, Anda bisa menggunakan insight yang didapat dari social media analytic tools yang Anda gunakan.

6. Manfaatkan social media analytic tools

Berpikiran bahwa brand Anda masih terlalu kecil sehingga analytic tools belum dibutuhkan adalah sebuah kesalahan yang fatal. Menggunakan analytics tools sejak dini dapat memberikan insight yang sangat bermanfaat bagi perkembangan perusahaan Anda ke depannya. Analytics.gdilab.com dari gdilab.com merupakan salah satu analytic tools yang memang diperuntukkan untuk UKM atau start up. Dengan harga yang terjangkau, brand Anda akan mendapatkan insight berupa best time to post, memetakan influencer, hingga mengetahui sentimen negatif dan positif.

Nah, itulah beberapa cara untuk memaksimalkan postingan perusahaan atau brand Anda di media sosial. Diharapkan dengan memaksimalkan postingan di media sosial akan memberikan efek positif bagi brand Anda. Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *