Reach, Digital Exposure, Trending Topic, dan Bot

Dear CEO, CMO / Pemilik Brands,

Reach, digital exposure, dan trending topic memang penting untuk brand kita. Tapi segitu pentingkahnya sehingga kita harus menghalalkan segala cara supaya brand kita terlihat ngetop di sosial media?

Apa yang saya maksud?

GDIAnalytics (PT. Generasi Digital Internasiona) yang saya pimpin saat ini memang fokusnya untuk menggali seluruh data yang ada di sosial media, menganalisanya, sehingga data tersebut menjadi business insights yang sangat dapat membantu kenaikan performa bisnis perusahaan. Nah, selama GDIAnalytics menghandle beberapa klien besar dan leader di industrinya masing-masing, kami menemukan banyak hal-hal janggal yang erat hubungannya dengan Key Performance Index (KPI) digital agency, yaitu: Reach dan Impression (kami sebutnya digital exposure). Janggal seperti apa?

Karena KPI yang seringkali diberikan oleh pemilik brand kepada digital agency adalah ketiga hal tersebut, maka GDIAnalytics yang menggunakan Genesis Technology seringkali menemukan hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh digital agency, yaitu menggunakan bot atau yang sering kita tau: akun palsu yang dengan menggunakan mesin, me-retweet twit yang ingin dipush oleh pemilik brand. Tujuannya apa? Supaya twit tersebut terlihat berhasil menarik perhatian para pemain sosial media. “Twit promo itu banyak yang retweet loh!”. Padahal, kalau yang nge-RT adalah bot, maka sebenarnya impactnya NIHIL. Nah, seringkali, pemilik brand tidak tau akan hal ini, dan digital agency bisa dengan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *