Social Media Search

Beberapa hari yang lalu saya melihat postingan dari teman saya founder komunitas ID-Android Bang Agus Hamonangan via Path yang isinya sebuah data dari ComScore menjelaskan tentang kondisi search share dengan perbandingan bulan Juni — Juli 2014 dengan kondisi di Juni — Juli 2015.

Ada 5 search engine yang dibandingkan disini, diantaranya Google (tentunya), Microsoft, Yahoo!, Ask Network, dan AOL. Mereka semua adalah raksasa di bidang search engine dan merupakan pemain lama. In fact, Google merupakan yang termuda dibanding yang lain and now they’re the biggest :).

ComScore Explicit Core Search Share (%)

Perbandingan antara tahun 2014 vs 2015 ini terlihat search share Google menurun 3,4%. Sisanya yang lain kita bisa lihat antara lain Microsoft dan Yahoo! yang berusaha bangkit lagi dengan kenaikan yang “lumayan”. Sisanya, AOL dan Ask Network dengan ask.com-nya dalam mode “bertahan” dengan share rata-rata di 1%. Kenapa saya bilang survival mode karena memang pada dasarnya mereka pemain besar di dunia internet. Market share 1% akan jadi kecil kelihatannya. Terbalik dengan hal baru, saya akan bilangnya ini peluang terutama untuk dunia startup. Kembali ke perbandingan diatas, dengan perubahan share search ini ada hal baru yang perlu diamati:

Yes, it’s social media search

Sebuah artikel dari TheNextWeb yang mengungkapkan hasil research dari Pew Research Center bahwa 63% pengguna social media Twitter dan Facebook menggunakan kedua platform ini untuk mencari berita atau news tentang apapun. Hal ini menunjukkan peningkatan dari tahun 2013 dimana hanya 52% pengguna Twitter dan 47% pengguna Facebook yang menggunakan platform social media ini untuk mencari berita atau news.

Facebook and Twitter News Use is on the Rise

Data lainnya yang dirilis oleh Pew Research Center menyebutkan bahwa dari 2 platform social media yaitu Twitter dan Facebook, 59% responden mengatakan mengikuti breaking news atau berita terkini via Twitter, 31% mengikuti via Facebook.

Twitter is Used More Than Facebook for Breaking News

Twitter is the most updated social media platform..

Hal ini dikonfirmasi oleh Twitter yang menyatakan bahwa kegiatan yang paling banyak dilakukan di Twitter berdasarkan Global Web Index adalah read the news atau membaca berita sebanyak 53%.

Twitter is Everyday Activity

GNEWS sebagai Social News Reader

Hal-hal yang saya tulis diatas, termasuk hal yang mendasari lahirnya GNEWS sebagai Social News Reader. GNEWS adalah sebuah social media search platform yang kami bangun untuk membantu para PR & MarComm Profesionals, Brand Managers, Strategic Planners, Jurnalis, dan Political Campaign Strategist untuk mendapatkan berita terkini, yang sudah dikurasi, dan yang paling relevan dari social media dalam satu mobile app dengan menggunakan machine-learning data analytics technology kami, Genesis. GNEWS melakukan search di dalam platform Twitter untuk menyajikan artikel berdasarkan keyword atau topik yang kita mau. Di tulisan berikutnya saya akan menulis tentang bagaimana GNEWS mendapatkan sebuah kehormatan untuk melayani para Menteri Kabinet dengan memberikan GNEWSLetter setiap harinya.
Pada dasarnya GNEWS kami buat untuk semua orang, siapapun bisa menggunakan GNEWS, tinggal download dan yang penting, it’s free a.k.a gratis :). GNEWS dirilis dalam bentuk mobile app dan tersedia di Google Playstore maupun Apple Appstore.

GNEWS — Social News Reader

Berbeda dengan cara search di Google, hasil search yang kita dapatkan di GNEWS adalah dengan perspektif 360 derajat. Kadang di Google kita hanya mendapatkan hasil search di hal pertama itu media-media yang besar saja dan kadang hasilnya juga bukan berita paling terkini, bisa jadi artikel tahun lama yang memang bercokol di hal 1 Google Search. Saya pernah menulis tentang cara menggunakan GNEWS, bisa dibaca disini.

Para brand managers, public relations, dan public figures bisa menggunakan GNEWS untuk monitoring semua artikel terkait dengan brand yang mereka pegang. Dengan begitu mereka bisa mengeluarkan cerita yang relevan dengan kondisi saat ini, kalo dalam istilah saya, mereka bisa “tap in” ke isu yang sedang terjadi. GNEWS juga bisa digunakan menjadi media inteligence dengan cara monitoring kompetitor. Saat ini GNEWS bekerjasama dengan grup band CherryBelle Indonesia via CBM Entertainment untuk menjadi official news reader app mereka terkait dengan Audisi CherryBelle 2015 yang sedang mereka jalankan sekarang. Berita terkait tentang audisi CherryBelle juga bisa langsung attached di GNEWS app untuk saat ini.

Screen Capture GNEWS tentang audisi CherryBelle

Dengan sekian besarnya arus lalu lintas data di jaman sekarang. Informasi yang begitu banyak dan waktu yang dirasa semakin padat mengharuskan kita untuk melakukan filter pada informasi yang kita serap dengan mempunyai 1 app yang melakukan hal itu semua.

The more informed you are, the less arogant and agressive you are. — Nelson Mandela

Tabik,

Yopie Suryadi, CEO, GNEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *