Social Media Monitoring: 4 Pilar Penting Untuk Kita Amati

Sumber: www.digitalinformationworld.com/

Setiap perusahaan, UKM, dan brand, tentu telah memahami pentingnya memiliki akun media sosial pada zaman sekarang, di mana teknologi sudah berkembang dengan pesatnya.

Berpromosi, berkampanye, dan berkomunikasi dengan konsumen menjadi mudah berkat pemanfaatan media sosial. Kita juga sadar betul bahwa social media marketing memerlukan adanya monitoring untuk mencegah salah berstrategi. Namun, apa saja sebenarnya yang perlu kita monitor?

Ada berbagai macam tujuan melakukan pemasaran di media sosial, baik meningkatkan brand awareness atau menciptakan traffic ke website. Social media monitoring, yang kerap dilakukan dengan menggunakan tools ini, memberikan gambaran mengenai seberapa dekat kita dengan target yang kita pasang. Setidaknya, ada 4 pilar yang perlu selalu kita monitor di media sosial. Berikut keempat pilar tersebut:

  1. Brand

Brand kita sendiri adalah salah satu hal yang penting untuk di-monitor. Seberapa jauh kita menjangkau audiens, berapa jumlah paparan yang dapat kita hasilkan, seberapa tinggi interaksi yang terjadi, hingga konten mana yang paling disukai dan dibagikan dengan sukarela oleh audiens.

  1. Industri

Kita tidak hanya perlu melakukan monitoring mengenai brand kita, tapi juga keseluruhan industri bisnis kita. Hal ini bertujuan untuk memberikan kita gambaran utuh mengenai tren yang sedang berlangsung di industri kita. Apa yang sedang digemari, apa yang mulai tenggelam, atau apa yang sedang dikeluhkan, dapat dijadikan bekal dalam menyusun strategi pemasaran.

  1. Audiens

Audiens adalah aspek yang tidak bisa Anda tinggalkan. Apa yang mereka perbincangkan mengenai industri, produk, layanan, ataupun brand Anda, adalah segala yang Anda butuhkan sebagai tiket untuk merebut perhatian pasar. Seperti yang kita ketahui bersama, kemampuan seseorang dalam memengaruhi orang lain dalam memandang sebuah brand sangatlah tinggi dibandingkan brand itu sendiri, oleh karena itu lakukan monitoring pada hal ini.

  1. Kompetitor

Keberadaan kompetitor bukanlah untuk menjadi beban. Manfaatkan hal tersebut dengan melakukan monitoring pada aktivitas kompetitor di media sosial. Apakah kita sudah selangkah lebih maju dari kompetitor, atau justru sebaliknya, adalah sesuatu yang perlu diperhatikan agar kita mampu berinovasi dalam mengembangkan dan menonjolkan kelebihan produk.

Social media monitoring yang baik akan sangat menguntungkan setiap perusahaan yang menerapkannya. Strategi yang ampuh pun akan terbangun, demi sebuah hasil yang didambakan bersama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *