GDIAnalytics: Capres VS Kopi Sianida

Infografis capres

 

Dua calon presiden Amerika Serikat mencuri perhatian khalayak dunia. Donald Trump dan Hillary Clinton yang baru saja melewati debat terakhir hari Rabu malam tanggal 19 Oktober di University of Nevada, Las Vegas, ini tak luput dari perbincangan netizen Twitter. Pada tanggal 12-18 Oktober 2016, Trump lebih banyak dibicarakan dibandingkan Clinton. Hal ini merupakan hasil pantauan GDIAnalytics dengan filter bahasa Indonesia.

Sumber: Akun YouTube RBC Network Broadcasting
Sumber: Akun YouTube RBC Network Broadcasting

Terdapat 3,616 akun yang menghasilkan 6,223 kicauan tentang Trump, sedangkan Clinton memperoleh lebih sedikit pembicaraan yaitu 2,226 kicauan dari 1,524 akun. Percakapan tentang dua orang yang berebut posisi sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat ini mencapai jumlah tertinggi di hari yang berbeda. Trump paling populer di hari Rabu 12 Oktober dengan memperoleh 1,507 kicauan sedangkan Clinton pada hari Kamis 13 Oktober dengan mendapatkan 565 kicauan.

Infografis Jessica

Di periode yang sama, berita yang menjadi pusat perhatian datang dari negeri sendiri. Sidang kasus kopi bersianida yang melibatkan Jessica Kumala Wongso sebagai terdakwa seakan tidak menemui titik akhir. Kasus kopi beracun yang bermula di bulan Januari 2016 ini membuat netizen mempercakapkan banyak hal mulai dari kopi sianida, Jessica Wongso, kasus Jessica, sampai sidang Jessica. Dari keempat topik favorit tersebut, percakapan tentang Jessica Wongso memperoleh jumlah terbanyak yakni 4,077 posts dari 1,471 akun. Meski demikian, percakapan tentang sidang Jessica lebih unggul dari segi jumlah akun yang berkontribusi yakni sebanyak 1,836.

 

Sumber: www.news.okezone
Sumber: www.news.okezone

Terlepas dari bagaimana sentimen netizen dalam kicauan mereka, yang jelas baik calon presiden Amerika maupun kasus kopi sianida memang sukses membuat mata netizen tertuju pada kedua berita ini.

 

(Infografis ini telah diulas di CNN Indonesia).

Kunjungi website GDILab di http://www.gdilab.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *