3 Inspiring Entrepreneurs: What You Can Learn From Them

Sumber: www.startups.co.uk

Sukses menjalankan bisnis menjadi impian semua pelaku bisnis. Antusiasme konsumen dalam membeli dan menggunakan produk menjadi kepuasan tersendiri yang tidak terbayarkan. Agar terus termotivasi dalam berbisnis, berikut 3 inspiring entrepreneur Indonesia yang sukses berbisnis online versi GDILab:

Poetry Gladies – Dapur Gladies

Gladies adalah pemilik Dapur Gladies yang bergerak di bidang kuliner yaitu brownies. Bisnis ini berawal dari Gladies yang memanfaatkan media sosial untuk membagi resep-resep makanan yang mudah untuk diikuti followers tanpa ada niat untuk membuka usaha. Dari sana, Gladies justru diminta untuk membuat kue. Pelan-pelan, Gladies meninggalkan pekerjaannya sebagai reporter stasiun televisi dan berfokus penuh pada Dapur Gladies.

Poetry Gladies. Sumber: www.youtube.com

Membuka pesanan setiap Senin hingga Jumat, Dapur Gladies melakukan pemasaran dengan selalu aktif di media sosial agar pertumbuhan followers terjaga dan mengirim kue kepada para influencer yang bisa membantu mempromosikan bisnis browniesnya.

dapur gladies

Diana Rikasari – UP

Bagi Anda pencinta sepatu, brand sepatu UP milik Diana Rikasari pasti tidak asing di telinga Anda. Kekaguman Diana pada sepatu membuatnya mendirikan UP yang memiliki konsep made-to-order atau dibuat setelah ada pemesanan yang diyakini dapat menghemat biaya produksi. UP sendiri merupakan brand sepatu khusus wanita yang hanya tersedia secara online agar dapat menawarkan harga terjangkau.

www.instagram.com/iwearup/
www.instagram.com/iwearup/

Diana percaya bahwa media sosial merupakan channel ampuh dalam memasarkan produk-produk UP. Kekuatan media sosial seperti Instagram dan Twitter dalam membentuk word of mouth berperan penting dalam keberhasilan UP. Selain itu, Diana juga berkolaborasi dengan sejumlah tokoh ternama untuk menciptakan sepatu.

i wear up

Muhammad Ilham – Stereo Desserts

Muhammad Ilham sukses mendirikan Stereo Desserts, homemade premium desserts yang mempelopori trifle in a cup. Ilham telah bermimpi memilki usaha kuliner sendiri sejak kecil. Stereo Desserts bermula saat ia membawa hasil kreasinya ke kampus yang mendatangkan respon positif. Selain berjualan online, Ilham rajin mengikutkan Stereo Desserts pada sejumlah event kuliner di Bandung dan Jakarta, serta menitip jual Stereo Desserts pada kafe-kafe dan toko-toko retail modern.

Muhammad Ilham. Sumber: www.stereodesserts.co.id

Seperti Diana, Ilham menjadikan media sosial sebagai channel utama untuk berpromosi, terutama Twitter. Stereo Desserts juga banyak mendekati sejumlah influencer yang dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan Stereo Desserts.

stereo dessert

Ketiga entrepreneur di atas merupakan bukti bahwa kesuksesan bisa dicapai melalui kerja keras dan pantang menyerah. Tak lupa, menyesuaikan dengan zaman yang serba teknologi, mereka memberdayakan media sosial untuk mengenalkan dan mempromosikan produk yang mereka jual.

Berbicara mengenai media sosial, Anda tak hanya bisa memanfaatkannya sebagai sarana berpromosi, namun juga mendapatkan digital market insight yang membantu Anda menciptakan produk yang sesuai permintaan pasar. Misalnya, menggunakan GDIAnalytics, Social Intelligence Platform untuk Facebook Fan Page, Twitter, dan Instagram, untuk mendengar percakapan konsumen, mengukur keberhasilan pemasaran, dan merancang strategi bisnis di masa mendatang.

 

* Artikel ini telah dipublikasikan di Young On Top Magazine edisi September 2016.

** Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook Page, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *