Emas Untuk Indonesia: 3 Nilai Berguna Bagi Dunia Startup

Tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71, pasangan ganda campuran bulutangkis Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memberikan kado terbaik untuk Tanah Air dengan berhasil meraih medali emas Olimpiade Rio 2016. Pencapaian ini merupakan momen yang dinanti-nantikan seluruh warga Indonesia, mengingat Indonesia tidak menyumbang satu medali pun di Olimpiade London 2012 kemudian akhirnya Tontowi dan Liliyana membangkitkan kembali tradisi emas untuk Indonesia melalui ajang ini.

Tontowi dan Liliyana kerap menjadi perbincangan para netizen di Twitter. Pada periode 13-17 Agustus 2016, tim GDILab menggunakan GDIAnalytics mencatat ada 69,074 pembicaraan mengenai Tontowi dan Liliyana yang berasal dari 27,852 kontributor. Berbicara tentang emas untuk Indonesia, berikut 3 nilai dari prestasi Tontowi dan Liliyana yang berguna bagi Anda yang berkecimpung di dunia startup:

Tidak Ada Jalan Pintas Untuk Sukses

tontowi liliyana bola dot com
Sumber: www.bola.com

Tontowi dan Liliyana membuktikan bahwa tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan hasil yang didambakan. Butuh proses, kerja keras, kedisiplinan, dan ketekunan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Ketika memutuskan membangun dan mengelola startup, tidak ada cara instan untuk sukses, namun dengan strategi yang tepat kita bisa menghindar dari kesalahan yang tidak perlu terjadi sehingga peluang untuk gagal pun semakin kecil. Control what you can control!

 

Menyatukan Keberagaman

tontowi liliyana bbc
Sumber: www.bbc.com

Seperti yang kita ketahui bersama, Tontowi merupakan Indonesia asli sedangkan Liliyana keturunan Tionghoa. Perbedaan agama dan latar belakang tidak menghalangi keduanya untuk bahu-membahu dan saling mendukung demi mengembalikan tradisi emas untuk Indonesia. Liliyana pada awalnya ditugaskan untuk membimbing Tontowi yang menggantikan Nova Widianto sebagai pasangan ganda campuran Liliyana. Dalam dunia startup, penting untuk saling mendengar opini dan pendapat dari masing-masing orang. Beda kepala, tentunya beda pula cara berpikir, namun selama memiliki tujuan yang sama maka hambatan apapun bisa dilewati dengan mulus.

Penuh Dengan Motivasi

Sumber: www.selasar.com

Perayaan ulang tahun Indonesia ke-71 menjadi motivasi Tontowi dan Liliyana ketika berlaga di Olimpiade Rio 2016. Agar sukses dengan startup yang Anda bangun, adanya motivasi membuat Anda selalu ingin bergerak maju dan pantang menyerah. Misalnya, Anda ingin membantu memecahkan masalah banyak orang dengan solusi yang bisa startup Anda tawarkan. Motivasi tersebut mendorong Anda untuk melakukan hal-hal yang mendukung tujuan Anda, contohnya dengan melakukan riset mengenai apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh target konsumen, masalah apa yang kerap mereka hadapi, serta bagaimana perilaku mereka sehari-hari. Dengan demikian, Anda mampu memprediksi tanggapan konsumen saat produk Anda diluncurkan serta menghilangkan keraguan apakah produk Anda akan diterima masyarakat.

Di atas semua itu, jangan lupa untuk tetap rendah hati.

 

dream comes true @natsirliliyana @michelleahmad93

A photo posted by tontowi ahmad (@tontowiahmad) on

 

Good luck for your startup!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *