GDIAnalytics: Dari Sahur Hingga Berbuka

Kamis 16 Juni acara sahur

Kita telah berada pada pertengahan bulan puasa. Di media sosial Twitter, para netizen, mungkin termasuk Anda, tidak lupa untuk berbagi tentang momen sahur dan berbuka puasa kepada followers. Dengan memanfaatkan analytics tools GDIAnalytics, tim GDILab berhasil menangkap informasi menarik dari warga Twitter mulai dari sahur hingga berbuka. Apa saja? Simak hasil temuan kami berikut ini.

Persaingan Dua Acara Sahur

Setiap bulan puasa hadir, semua stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan acara yang bisa menemani sekaligus menghibur penonton yang sedang menyantap sahur. Pada periode 9-15 Juni 2016, dua program dari dua stasiun televisi yang berbeda ini unggul dari program yang lain. Banyaknya artis dan bintang tamu yang meramaikan kedua acara ini menjadi alasannya.

Opera Van Java Yang Melegenda

Acara populer pertama berasal dari stasiun televisi Trans 7 yaitu Opera Van Java (OVJ) Sahur Lagi. OVJ Sahur Lagi yang memiliki akun Twitter @OVJ_sahurlagi berhasil mengumpulkan 48,563 percakapan. Seperti yang kita ketahui, OVJ yang memiliki konsep dalang dan wayang ini merupakan salah satu program unggulan Trans 7 selama lebih dari 5 tahun. Menggunakan judul yang sama untuk acara sahur merupakan strategi jitu dari stasiun televisi ini. Meski kini terjadi perubahan pada formasi para wayang, OVJ Sahur Lagi tetap mencuri perhatian pemirsa, apalagi dengan kehadiran pelawak ternama seperti Parto, Wendy Cagur, dan Denny Cagur. Bagaimana menurut Anda?

ovj
OVJ Sahur Lagi

 

Ini Sahur, Mengikuti Kesuksesan Ini Talkshow

Program kedua yang populer di Twitter adalah Ini Sahur dari stasiun televisi Net. Ini Sahur sukses mengumpulkan 17,402 percakapan. Tak jauh berbeda dengan OVJ Sahur Lagi, Ini Sahur merupakan acara yang dibuat berkat kesuksesan Ini Talkshow (@Ini_Talkshow) yang merupakan salah satu program jagoan dari Net. Dua pelawak terkenal, Sule dan Andre Taulany, menjadi magnet yang kuat dari acara Ini Sahur. Acara dengan konsep ruang tamu di dalam rumah ini sukses memikat hati warga Twitter yang sedang menikmati waktu sahur mereka.

ini sahur
Ini Sahur

Berbuka Puasa, Ini Menunya

Jika sebelumnya kita berbicara mengenai sahur, kini analisa beralih kepada buka puasa. Dari hasil analisa kami mengenai berbuka puasa, kami menemukan menu berbuka yang paling populer di kalangan netizen Twitter, baik makanan maupun minuman.

Selasa 14 Juni menu bukber

Gorengan Jadi Juara

Menu makanan yang jadi andalan warga Twitter pada periode 7-13 Juni 2016 adalah gorengan dengan 618 posts. Gorengan mengalahkan kolak (262 posts), dan lontong isi (38 posts). Namun penemuan kami tidak hanya sampai di situ. Dari jumlah percakapan mengenai gorengan tersebut, gorengan bakwan menjadi gorengan terpopuler.

 

 

Apakah Anda juga merasakan hal yang sama dengan netizen di atas?

Tidak Lupa Ditemani Dengan Teh Manis

Untuk minuman saat berbuka, netizen lebih banyak memilih teh manis (553 posts) dibandingkan dengan air putih (530 posts). Populernya teh manis diakui oleh salah satu stand up comedian yang juga telah bermain di sejumlah film, Soleh Solihun.

 

Bagaimana dengan Anda, sudah berbagi momen apa saja mengenai sahur hingga berbuka di Twitter? Tell us!

(Artikel ini telah dipublikasikan di Tech In Asia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *