Strategi Media Sosial E-Commerce: Bukalapak

Sumber: www.komunitas.bukalapak.com

Dari analisa tim GDILab mengenai industri e-commerce di Indonesia, Bukalapak menjadi brand yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Antusiasme masyarakat terhadap Bukalapak sangat besar, sehingga memunculkan rasa penasaran bagaimana Bukalapak membangun dan memanfaatkan media sosialnya.

Sekilas Tentang Bukalapak

Berdasarkan informasi dari situs Bukalapak, Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual beli dari konsumen ke konsumen. Siapa saja bisa membuka toko online dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia. Bukalapak memberikan jaminan 100% uang kembali pada pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh penjual yang disebut sebagai pelapak.

Bukalapak didirikan Achmad Zaky pada tahun 2010. Pada awalnya, Zaky yang saat itu baru lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) membangun perusahaan jasa teknologi yang ia beri nama Suitmedia. Zaky menangani proyek perusahaan dengan membangun sebuah situs yang menjadi ide awal lahirnya Bukalapak. Tahun 2015, media online TechinAsia menempatkannya ke dalam 10 Promising Southeast Asian Tech Entrepreneurs Under 30.

Bukalapak bervisi menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia dan bermisi memberdayakan UKM yang ada di seluruh Indonesia.

Cara Bukalapak Manfaatkan Media Sosial

Facebook, Twitter, dan Instagram, yang digunakan Bukalapak untuk menunjang bisnisnya ini memiliki performa yang mengagumkan. Bagaimana cara mereka memaksimalkan ketiganya?

Facebook

Facebook Fan Page Bukalapak memiliki lebih dari 1.300.000 likes. Satu kata yang pantas mewakili tampilan Fan Page Bukalapak: Fun. Atmosfer yang disuguhkan Page Bukalapak memberikan kesan bahwa dunia e-commerce sangat menyenangkan sekaligus menjanjikan. Pada kolom About, Bukalapak tidak hanya menjelaskan profil perusahaan, namun juga kegunaan Facebook Fan Page bagi mereka.

bukalapak

Bukalapak senang melakukan pemasaran melalui video. Keunikan dari pemasaran yang dilakukan Bukalapak adalah terlibatnya CEO ke dalam video. Konten video yang disajikan sangat ringan dan sesuai dengan citra Bukalapak yang ceria. Penonton merasa terhibur hingga lebih dari 4,000 akun membagikan ulang video ini.

 

Acara atau kegiatan yang melibatkan Bukalapak juga dibagikan kepada fans baik melalui foto atau slide show. Bahasa yang digunakan santai sekaligus informatif dengan memberikan sedikit pesan yang didapat dari acara. Bukalapak juga punya panggilan akrab untuk fans yaitu BL Mania.

 

Bukalapak berpromosi dengan singkatan kreatif dan mudah diingat. Mereka selalu memberikan sentuhan warna khas Bukalapak di setiap desainnya.

 

Meski Page Bukalapak terpelihara baik dan selalu di-update, mereka tidak berinteraksi dengan fans-nya. Hal ini terlihat dari komentar-komentar fans yang tidak direspon (atau mungkin direspon dalam private message).

Twitter

Akun @bukalapak yang sudah ditandai sebagai verified account memiliki lebih dari 80.000 followers. Sedangkan akun customer care Bukalapak, @Billy_Care, mempunyai lebih dari 14.000 followers. Bukalapak rutin meng-update Twitter setiap hari.

Setiap Rabu, pelapak mendapat kesempatan untuk promosi lapaknya dan di-retweet oleh Bukalapak. Hal ini sangat menguntungkan bagi pelapak.

 

Berbeda dengan Facebook Fan Page-nya, Twitter Bukalapak memberikan respon pada followers.

 

 

Bukalapak memberikan sapaan yang sesuai dengan momen yang sedang terjadi. Walaupun tidak mencapai jumlah besar, setiap tweet selalu mendapatkan respon retweet atau likes.

Bagi Bukalapak, menggunakan Twitter tidak lepas dari hashtag. Hashtag marketing Bukalapak mulai dari #PahlawanPelapak hingga #MedokTheSeries sangat fresh dan otentik. Hashtag ini mereka gunakan untuk mempromosikan series yang mereka upload di YouTube berjudul Medok Pendekar Jari Sakti.

 

Instagram

Akun Instagram @bukalapak memiliki lebih dari 96.000 followers. Masing-masing post bisa mendapatkan 200-300 likes. Konten Instagram Bukalapak tidak berbeda dengan Facebook dan Twitter, sama-sama menyuguhkan suasana ceria dari industri e-commerce dengan memainkan warna-warna cerah yang terkesan enerjik.

 Bukalapak tidak menyia-nyiakan kemampuan Instagram yang bisa menyajikan video lebih dari 15 detik.

Obrolan Bukalapak hadir kembali! Setiap hari Rabu di awal bulan, seluruh karyawan Bukalapak berkumpul di hall kantor dan saling mengakrabkan diri dengan berkenalan lebih dekat. Pada bulan ini, tim Bukalapak kedatangan 54 karyawan baru lintas divisi. Acara Obrolan Bukalapak menjadi ajang untuk mereka memperkenalkan diri satu sama lain sekaligus menikmati suasana akrab di Bukalapak. Ada juga penampilan duo gokil dari tim Marketing yang membawakan medley beberapa lagu populer dipadukan dengan stand up comedy, sesi sharing dari manajemen, dan pengumuman pemenang lomba menulis Hari Kartini yang diikuti oleh karyawati Bukalapak pada bulan April lalu. Sst, ada juga tamu spesial yang tiba-tiba hadir di depan panggung! Seperti apa keseruannya? Yuk, tonton selengkapnya di sini! #OBL #obrolanbukalapak #bukalapak

A video posted by Bukalapak (@bukalapak) on

 

Berbagai konten disajikan Bukalapak di Instagram mulai dari kegiatan kantor, info tentang layanan, lowongan kerja, kontes, promosi acara, infografis, kunjungan artis, hingga ucapan hari-hari peringatan. Semua disampaikan dengan bahasa yang sederhana.

 

Yang hari Sabtunya nggak pergi kemana-mana, masih ada waktu lho untuk kamu dapatkan gadget-gadget keren dengan ikutan #KontesVideoMarsBukalapak! Caranya gampang, tonton video Mars #PahlawanPelapak, dan ajak temen-temen kamu untuk bikin Video Lipsync Orasi CEO Mars #‎PahlawanPelapak dan menangkan hadiahnya! Cara ikutannya gampang banget : 1. Follow Facebook, Twitter, dan Instagram @bukalapak 2. Periode 11 Maret – 10 April 2016 3. Tonton video di Mars #PahlawanPelapak di Youtube channel Bukalapak dan hafalkan orasi CEO Bukalapak di Mars #PahlawanPelapak 4. Buat Video Lipsync Orasi CEO Bukalapak dengan durasi 15 detik 5. Upload video ke akun Instagram-mu, mention @bukalapak dan berikan caption menarik dan mention 5 temanmu 6. Di akhir periode akan dipilih juara 1 mendapatkan Go Pro 4, juara 2 mendapatkan Xiaomi Yi Cam, juara 3 mendapatkan Fujifilm Instax Ayooo! Buruan tunggu apa lagi? #kontesvideomarsbukalapak #pahlawanpelapak #bukalapak #jualbelionline #aman #tepercaya

A photo posted by Bukalapak (@bukalapak) on

Seperti halnya Twitter, akun Instagram Bukalapak rutin membalas komentar dari followers.

Kesimpulan
Media sosial Bukalapak berhasil menciptakan image dunia e-commerce yang fun, kreatif, dan penuh semangat. Audiens dimanjakan dengan warna dan desain yang menghibur dan tidak kaku. Bukalapak juga sukses memberikan gambaran betapa serunya bekerja di kantor mereka dan bagaimana ini dapat mewujudkan cita-cita mereka untuk menjadi pahlawan bagi ratusan ribu UKM. Anda bisa mencontoh keberhasilan Bukalapak dengan memaksimalkan media sosial brand Anda. Buat project di GDIAnalytics, lalu mulai analisa Facebook Fan Page, Twitter, dan Instagram brand Anda.

Good luck!

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook Page, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *