Adanya berita mengenai peretasan data dari berbagai aplikasi, tentunya harus membuat kita waspada. Terlebih lagi terhadap email yang kita gunakan di berbagai aplikasi tersebut. Karena, lewat email kita bisa mengetahui berbagai aktivitas kita di berbagai aplikasi tersebut, terutama terkait dengan penggunaan kartu kredit, debit atau dompet online.

Berikut ini 4 langkah mengamankan email anda, khususnya Gmail yang dilansir dari cnet:

  1. Gunakan password dengan tingkat keamanan tinggi

Password yang lemah tentu saja semakin tinggi kemungkinannya akun Gmail kamu diretas. Bahaya nya lagi, jika Gmail berhasil diretas, maka semua akun yang terkoneksi dengan Gmail kamu juga bisa diretas. Maka dari itu, gunakanlah password dengan tingkat keamanan yang tinggi (strong password). Berikut langkah membuat password yang aman:

https://www.youngontop.com/read/167958/bagaimana-cara-membuat-password-yang-baik/

  1. Aktifkan Two-Step Verification

Two-step verification atau verifikasi dua langkah bisa membantu kamu untuk mencegah peretas mengakses akunmu meskipun password-mu dicuri. Dengan mengaktifkan two-step verification ini, maka peretas akan membutuhkan password, enam digit passcode atau physical access untuk mengakses akun Gmail-mu.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengunjungi Google Account Security Page --> 2-Step Verification. Nanti kamu akan dihadapkan dengan 2 opsi verifikasi seperti gambar di bawah ini.

Sumber foto: CNET/Jason Cipriani

  1. Cek metode backup contact

Sejak pertama kali kamu memiliki akun Gmail, kamu mungkin sudah mengubah nomor telepon atau menghapus akun emailmu yang lama. Maka dari itu, periksa kembali metode kontak cadangan akun Gmail-mu. Karena, langkah ini akan dilakukan oleh Google untuk verifikasi jika kamu tidak bisa mengakses akunmu.

Untuk melihat fitur ini, kamu bisa mengunjungi Google Account Security Page --> Recovery Phone / Recovery Email

  1. Lihat aktivitas akun

Untuk memastikan keamanan akunmu, kamu bisa cek Last Account Activity yang terdapat pada bagian bawah halaman akun Gmail-mu. Klik details untuk melihat kapan, bagaimana dan dimana akunmu digunakan. Jika ada aktivitas yang mencurigakan, kamu bisa klik button Sign Out of All Other Gmail Web Sessions. Setelah itu, segera ubah kata sandi Gmail-mu. Jangan lupa juga cek ‘Your Devices’ di Google Account Security Page untuk melihat di perangkat apa saja akun Gmail-mu aktif. Jika ada perangkat yang mencurigakan, segera sign out akun Gmail-mu dari perangkat tersebut dan ganti kata sandi Gmail-mu.

Nah itu dia 4 langkah mengamankan akun Gmail-mu. Segera lakukan langkah-langkah di atas untuk mengantisipasi tindakan peretasan.