Suka lihat Instagram Explore? Suka bingung gak sih, kenapa sebuah postingan bisa muncul di Instagram Explore kita? Bagaimana Instagram menentukan postingan yang bisa masuk ke Instagram Explore kita? Yuk kita bahas!

Instagram sendiri menggunakan sistem pembelajaran mesin berbasis Artificial Intelligence (AI) yang berfokus pada akun dan konten yang menurutnya akan disukai pengguna. Hal itu disampaikan dalam sebuah postingan blog yang ditulis oleh Ivan Medevdev (Software Engineer), Haotian Wu (Engineering Manager), Taylor Gordon (Research Scientist) yang bekerja di platform berbagi foto dan video tersebut.

Dalam postingan tersebut, mereka mengatakan jika Instagram mengidentifikasi akun yang mirip satu sama lain dengan mengadaptasi metode pembelajaran mesin yang dikenal sebagai ‘word embedding’, sebuah sistem yang mempelajari urutan kata-kata yang muncul dalam teks untuk mengukur keterkaitan.

Selain itu, untuk membuat rekomendasi konten di tab Instagram Explore, kamu juga akan melihat ‘seed accounts’, yaitu akun yang telah berinteraksi dengan pengguna dan telah menyukai atau menyimpan konten mereka. Setelah mendapat 500 konten serupa, sistem akan mem-filter jika ada konten yang mengandung spam, misinformasi dan konten yang berpotensi melanggar kebijakan. Kemudian, 25 konten teratas akan dikirim ke halaman pertama Instagram Explore pengguna.

Jadi, dapat disimpulkan kalau konten yang muncul di Instagram Explore kita berdasarkan konten yang kita sukai, (misalnya suka cari & lihat konten tentang meme, maka akan muncul postingan meme dari berbagai akun), berinteraksi dengannya (like, comment dan save) dan juga dari postingan seseorang yang sering kita lihat profilnya meskipun tidak kita follow.

*sumber foto: later.com