Bukan Ramalan Zodiak, Ini Cara Tepat Menebak Teknologi untuk Bisnis Kita

Bukan Ramalan Zodiak, Ini Cara Tepat Menebak Teknologi untuk Bisnis Kita

Perkembangan teknologi semakin memudahkan operasional bisnis, karena bisa mengefisiensi pekerjaan. Tidak heran sekarang ini banyak perusahaan kecil hingga besar yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk perkembangan bisnis mereka. Tetapi, terdapat beberapa hal penting yang harus anda pertimbangkan saat ingin memilih teknologi yang tepat dalam bisnis anda. Apa saja? Ini dia:

 

  1. Manfaatkan Teknologi untuk Memangkas Biaya

Sudah tentu teknologi harus membantu perusahaan dalam memangkas biaya operasional dan menaikkan revenue. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan teknologi dan mampu memangkas biaya adalah Pertamina. Dengan menggunakan teknologi, Pertamina dapat menghemat pengeluaran untuk pengadaan sebesar Rp 1,2 sampai 1,5 Triliun. Teknologi digital yang digunakan Pertamina untuk mendukung kegiatan bisnisnya adalah big data analytics, internet of things dan robotic. Penggunaan teknologi digital diantaranya digunakan pada proses pengadaan dengan membuat program yang menyediakan barang dan jasa. Bahkan dengan penerapan teknologi, Pertamina bisa menghindari kerugian hingga Rp 35 Miliar perharinya.

  1. Teknologi untuk Bekerja Lebih Efektif & Efisien

Poin penting lainnya saat ingin memutuskan untuk menggunakan teknologi adalah bekerja bisa menjadi lebih produktif. Misalnya adalah menggunakan teknologi cloud computing dalam hal penyimpanan data atau menggunakan teknologi robotic seperti halnya yang dilakukan Pertamina dalam pelaksanaan maintenance di sektor Migas. Atau anda juga bisa menggunakan software accounting online untuk pembukuan yang lebih mudah. Saat teknologi dirasa membantu bekerja lebih efektif dan efisien, mengapa tidak menggunakannya?

  1. Teknologi yang Memudahkan Customer

Teknologi tentunya juga harus mudah diakses oleh customer. Misalnya menggunakan media sosial atau website dalam hal promosi produk atau informasi jasa yang kita tawarkan. Tentunya ini akan memudahkan customer yang ingin membeli atau menyewa produk atau jasa dari bidang bisnis yang kita miliki. Semakin mudah diaksesnya informasi mengenai produk atau jasa kita, semakin percaya dan loyal customer terhadap produk atau jasa kita. Contoh konkretnya adalah Gramedia yang membuka penjualan buku melalui online. Online store ini tentunya akan memudahkan customer yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja buku langsung ke offline store-nya.

  1. Teknologi Memastikan Keamanan Data

Seperti yang sebelumnya pernah kita bahas mengenai cloud computing, sebuah teknologi penyimpanan data yang memastikan data tersimpan aman. Dibandingkan menyimpan data menggunakan harddisk, flashdisk atau semacamnya yang memungkinkan bisa hilang atau rusak, menyimpan data secara online tentunya lebih tidak berisiko dan tentunya bisa diakses dimana saja, kapan saja selama kamu terkoneksi dengan internet.

Nah itu dia berbagai hal penting sebagai pertimbangan kamu dalam menggunakan teknologi untuk perkembangan bisnismu. Kalo kamu mau tau lebih banyak lagi, yuk dateng ke Hi,Tech Conference 2019, tanggal 30 November di Balai Kartini, Jakarta. Karena di sana bakalan ada banyak pembicara yang akan ngebahas seputar teknologi. Siapa aja mereka?

  • Alvy Ray Smith, Co-Founder Pixar
  • Haris Izmee, President Director of Microsoft Indonesia
  • Azran Osman Rani, Former CEO of Iflix Malaysia and Air Asia X
  • Oliver Marc Shatzle, Head of Customer and Market Development Asia-Pacific of HERE Technologies
  • Adrianto Djokosoetono, Director of PT. Blue Bird, Tbk
  • Tyo Guritno, Co-Founder & CEO Inspigo
  • Alex Zulkarnain, Brand & Partnership Director of Young On Top
  • Andy Noya, Founder Benihbaik.com
  • Diana Tanu, COO TopKarir Indonesia
  • Heinrich Vincent, CEO of Bizhare.id
  • Anton Soeharyo, CEO of Playgame.com

dan masih ada pembicara internasional serta nasional lainnya dari Twitter, IBM, Facebook dan AWS yang akan membahas seputar artificial intelligence, robotic, security, cloud computing, data privacy, digital map dan social media.

Bukan Ramalan Zodiak, Ini Cara Tepat Menebak Teknologi untuk Bisnis Kita

Penasaran?? Langsung aja daftarkan diri kamu di bit.ly/hitechJKT