Lima Tipe Konten Potensial yang Mampu Memikat Audience

Lima Tipe Konten Potensial yang Mampu Memikat Audience

 

Membuat konten yang mampu menarik perhatian audience memang bukan perkara mudah. Namun, dengan riset dan strategi yang diramu sedemikian rupa, bukan tidak mungkin anda bisa menghasilkan konten yang memikat atau bahkan menjadi viral di masyarakat. Meski begitu, perlu diketahui bahwa ada banyak jenis konten yang digunakan oleh para kreator. Masalahnya adalah, konten seperti apa yang benar-benar bisa menarik perhatian audience? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber:

 

  1. How To

Tipe satu ini tidak akan pernah basi untuk dinikmati. Konten ‘How To’ atau kiat yang mampu menyentuh lini keseharian masyarakat akan menarik perhatian audience untuk menikmatinya. Tipe konten ini pun bisa diramu dalam bentuk video maupun artikel. Sebagai contoh, anda tentu seringkali melihat akun-akun yang khusus membuat konten ‘How To’ seperti ini. Misalnya resep membuat omelet yang menarik dengan instruksi yang sangat mudah hingga cara memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar kita menjadi perangkat yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Infografis

Salah satu kekuatan dari infografis adalah visualisasinya yang menarik dengan sajian data yang mudah untuk dipahami. Tipe konten yang sempat menjadi populer beberapa tahun belakangan ini banyak disukai karena mampu menyajikan data-data yang rumit menjadi sebuah informasi yang mampu dicerna oleh siapapun.

  1. Listicle

Listicle atau lebih banyak dikenal dengan artikel maupun video yang menyajikan sebuah list atau daftar juga banyak digemari para pengguna internet. Kunci utama pada tipe konten seperti ini terletak pada rasa penasaran dan jumlah angka yang akan ditampilkan. Jumlah angka yang anda berikan akan memengaruhi minat audience untuk mengetahui apa saja daftar terbaik yang menjadi pilihan konten anda. Seperti misalnya ‘5 Tempat Nongkrong Hits 24 Jam di Jakarta’ atau ‘4 Hal yang Dibenci Dilan dari Milea.’

  1. Tipe Meme

Meski terkesan hanya seperti candaan, namun Meme banyak disukai oleh pengguna internet. Apalagi jika konten yang disajikan dalam meme dekat dengan kehidupan mereka. Salah satu kekuatan utama tipe ini adalah kualitas humornya. Tidak hanya lucu, tapi meme juga potensial untuk mendapatkan sebaran tinggi di saluran seperti media sosial. Kelemahan dari tipe ini sendiri adalah tidak bisa digunakan di sembarang platform, seperti website perusahaan misalnya. Karena banyak yang mengkhawatirkan malah justru akan merendahkan nilai perusahaan tersebut. Namun, jika anda ingin sedikit bergurau di media sosial dengan tetap menyisipkan pesan yang ingin disampaikan, meme ini bisa kamu jadikan pilihan.

  1. Ulasan Produk

Tipe ini biasa disebut review atau dalam bahasa millennial dikenal dengan istilah unboxing. Konten seperti ini potensial menarik minat audience karena mampu membantu audience dalam mengambil keputusan sebelum memutuskan untuk memilih produk tertentu. Bagi sebuah brand, tipe konten seperti ini biasanya akan memperkuat citra atau brand awareness yang ingin dicapai. Kamu bisa menggunakan jasa influencer melalui channel Youtube maupun Instagram atau jasa blogger yang memiliki banyak pembaca.