Kunci Keberhasilan Email Marketing

Kunci Keberhasilan Email Marketing

 

Email marketing berperan penting dalam membangun brand awareness. Melalui email marketing, sebuah brand tidak hanya memiliki peluang untuk mengenalkan brand, melainkan juga untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Lalu, apa saja kunci keberhasilan email marketing? Berikut tipsnya dilansir dari Entrepreneur.com:

 

  1. Sampaikan dengan Spesifik dan Nyata

Sampaikan isi email dengan spesifik untuk kepentingan tertentu bagi pembaca. Tentu pembaca akan lebih mudah mengidentifikasi apakah email yang diterima bersifat spamming atau bukan. Berikan penjelasan yang nyata mengenai nama serta jabatan anda sebagai pengirim email.

  1. Perhatikan Konteks

Hal terpenting dari email adalah bahwa keberhasilan atau kegagalannya adalah mengenai konteks. Subjek email digunakan bukan hanya karena sebuah perusahaan mengikuti formula copywriting standar, melainkan karena mereka memanfaatkan apa yang menarik bagi audiens mereka.

  1. Gunakan Metode Storytelling

Selain menggunakan visual yang menarik, gunakanlah metode storytelling dalam email marketing anda. Sampaikanlah sebuah cerita yang memiliki relasi atau hubungannya dengan kehidupan sehari-hari (human interest).

  1. Evaluasi Email Marketing Anda

Jangan lupa untuk mengevaluasi email marketing yang sudah anda jalankan. Tingkat berhenti berlangganan atau unsubscribe idealnya adalah sebesar tiga hingga sepuluh persen. Jika lebih dari itu, kemungkinan pesan anda tidak cocok dengan pasar anda. Perbaiki konten menjadi lebih baik dan efektif yang sesuai dengan minat audiens anda.

  1. Sesuaikan Konten dengan Audiens

Seorang marketer yang cerdas tidak akan memperlakukan semua audiensnya dengan sama. Mereka akan memiliki daftar berbeda untuk setiap topik yang akan diberikan kepada audiens mereka. Intinya, jangan mengirimkan suatu pesan yang tidak disukai oleh audiens anda.

  1. Beri Ciri Khas Tersendiri tentang Brand atau Perusahaan Anda

Gunakanlah email untuk mengekspresikan brand atau perusahaan anda. Tunjukkan sisi berbeda dari brand anda yang mudah untuk diingat oleh audiens email anda. Ciri khas ini juga akan memberikan makna dan menentukan kredibilitas brand atau perusahaan anda.