Riset Audience, Kunci Penting Memaksimalkan Strategi Pemasaran Digital

Riset Audience, Kunci Penting Memaksimalkan Strategi Pemasaran Digital

 

Riset audience adalah kunci utama dalam merancang strategi komunikasi. Dalam dunia pemasaran, riset audience akan mampu mengetahui siapa audience anda dalam menentukan strategi yang akan anda rancang. Karena, strategi pemasaran yang baik akan selalu beranjak dari kemampuan anda dalam mengenal pelanggan atau konsumen yang anda targetkan.

Tidak terkecuali untuk konsep pemasaran digital atau digital marketing. Bahkan, pemasaran digital memilliki keunikan tersendiri dalam memperluas kapasitas jangkauan dan mempersempit fokus pemasaran dalam waktu yang sama. Termasuk bagaimana mengenal audience-nya (pelanggan).

Dibandingkan dengan teknis pemasaran konvensional, pemasaran digital mampu melibatkan audience untuk berinteraksi, misalnya; melalui media sosial. Namun, untuk memaksimalkan strategi pemasaran digital, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar strategi pemasaran yang telah dibuat tidak salah sasaran.

  1. Lakukan Pemetaan Segmentasi Audience

Pemetaan pelanggan ini perlu dilakukan agar anda tidak salah sasaran dalam memasarkan produk yang kamu jual. Pemetaan ini meliputi informasi umum tentang pelanggan seperti demografi, perilaku transaksional atau pola transaksi pembelian konsumen dan tingkat respon terhadap promosi dan kegiatan pemasaran sebelumnya.

  1. Ketahui Data Perilaku Audience dalam Menggunakan Internet

Jika anda mampu menemukan data perilaku pengguna internet khususnya yang sesuai dengan segmentasi audience yang anda sasar, maka anda akan bisa memahami aspek psikografis target audience anda. Informasi ini penting agar anda mampu memaksimalkan strategi pemasaran digital seperti Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) yang akan anda gunakan.

  1. Ketahui Kebiasaan Pengguna Media Sosial

Mengetahui kebiasaan pengguna media sosial, khususnya yang menjadi target audience anda akan sangat berguna apabila anda tidak berhasil mendapatkan data perilaku seperti yang dijelaskan di atas. Anda juga harus mengetahui media sosial apa yang sering audience anda gunakan. Jika mereka penikmat konten, konten seperti apa yang mereka sukai. Informasi ini akan memberi gambaran bagaimana sikap pelanggan terhadap saluran digital dan keputusan konten.

  1. Memahami Konten yang Disukai Audience

Dengan memahami konten yang audience sukai, anda dan para kreator konten lainnya akan lebih mudah mengatur strategi konten agar mampu menarik perhatian audience. Konten yang dibuat harus mampu menghasilkan beberapa informasi penting dan mampu memancing interaksi audience sehingga konten dapat bergulir membentuk viral. Sebagai strategi awal, jika anda memiliki dana berlebih, anda bisa menggunakan jasa buzzer untuk melemparkan konten yang anda inginkan melalui berbagai jenis media sosial yang telah menjadi target strategi anda.