Salah satu tantangan besar bagi para konten kreator dalam memasarkan produk atau konten yang telah disiapkan dengan matang adalah bagaimana konten yang anda buat bisa dikonsumsi oleh pengunjung atau pengikut anda. Dalam dunia digital marketing, keberadaan posisi artikel pada mesin pencari seperti Google tentu sangat berpengaruh. Jika ingin mendulang pengunjung, paling tidak artikel anda harus berada pada posisi lima teratas di laman pertama mesin pencarian.

Bagaimana untuk melakukan itu? SEO lah jawabannya. SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization yang merupakan sebuah metode atau teknik agar artikel atau website anda mudah ditemukan oleh mesin pencari, khususnya Google. Kenapa Google? Karena hingga saat ini, Google masih menjadi platform mesin pencari terbesar dan nomor satu di dunia.

Google sendiri sempat melansir data tentang jumlah klik kumulatif pada website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga, yaitu sebesar lebih dari 50%. Untuk peringkat pertama sendiri mendapatkan total klik lebih dari 20%. Dari publikasi ini, bisa dilihat betapa penting memaksimalkan SEO dalam proses digital marketing untuk meningkatkan engagement bagi konten yang anda buat.