Mengenal SEO dalam Dunia Pemasaran Digital

Mengenal SEO dalam Dunia Pemasaran Digital

 

Salah satu tantangan besar bagi para konten kreator dalam memasarkan produk atau konten yang telah disiapkan dengan matang adalah bagaimana konten yang anda buat bisa dikonsumsi oleh pengunjung atau pengikut anda. Dalam dunia digital marketing, keberadaan posisi artikel pada mesin pencari seperti Google tentu sangat berpengaruh. Jika ingin mendulang pengunjung, paling tidak artikel anda harus berada pada posisi lima teratas di laman pertama mesin pencarian.

Bagaimana untuk melakukan itu? SEO lah jawabannya. SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization yang merupakan sebuah metode atau teknik agar artikel atau website anda mudah ditemukan oleh mesin pencari, khususnya Google. Kenapa Google? Karena hingga saat ini, Google masih menjadi platform mesin pencari terbesar dan nomor satu di dunia.

Google sendiri sempat melansir data tentang jumlah klik kumulatif pada website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga, yaitu sebesar lebih dari 50%. Untuk peringkat pertama sendiri mendapatkan total klik lebih dari 20%. Dari publikasi ini, bisa dilihat betapa penting memaksimalkan SEO dalam proses digital marketing untuk meningkatkan engagement bagi konten yang anda buat.

Mempelajari SEO sendiri susah-susah mudah. Bagi para blogger, kamu bisa mempelajarinya dari berbagai situs yang menyajikan informasi dan cara mengelola SEO. Situs seperti ini cukup banyak jika anda mencari dengan keyword SEO pada mesin pencari. Sedangkan bagi startup atau brand yang sudah cukup besar dan ingin menggunakan metode ini, maka jasa ahli SEO bisa menjadi pilihan. Selain SEO, masih ada beberapa metode lagi yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan performa konten yang anda buat. Anda bisa menggunakan SEM atau Search Engine Marketing atau SMO atau Social Media Optimizing. Ketiganya merupakan elemen penting yang harus anda perhatikan jika ingin konten yang anda buat berada pada laman pertama mesin pencari.