Memaksimalkan Fungsi ‘Explore’ di Instagram bagi Brand

Munculnya postingan brand Anda pada tab explore di Instagram merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pemasaran. Dalam ulasan kali ini, GDILab.com akan membahas tentang strategi yang bisa Anda coba terapkan untuk membuat postingan brand atau bisnis Anda muncul pada tab explore di Instagram. Sebelum beranjak lebih jauh, penting untuk mengenal apa itu tab explore.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa, tab explore adalah tempat untuk menemukan banyak content yang sudah disesuaikan dengan ketertarikan masing-masing audience yang tidak dibatasi oleh siapa yang Anda ikuti atau yang Anda suka sukai. Lalu bagaimana sebuah content bisa terpilih dan muncul pada tab explore? Beberapa hal ini menjadi formula Instagram dalam memunculkan content-content “pilihan”.
1. Content serupa yang sebelumnya pernah disukai atau diberikan komentar
2. Content dengan tingkat engagement yang tinggi
3. Content yang berasal dari akun serupa yang telah diikuti

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan untuk memunculkan content Anda pada tab explore di Instagram:

1. Kenali audience Anda

Anda tidak akan mencoba menjual tas kerja kepada murid Sekolah Dasar bukan? Untuk menjual produk dan terhubung dengan konsumen, Anda harus tahu siapa audience Anda, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana bisnis Anda dapat membantu mengatasi masalah mereka. Untuk memulainya, pikirkan pertanyaan berikut:

Siapa target konsumen Anda?
Hal-hal apa saja yang dapat menarik minat mereka?
Seperti apa akun Instagram mereka sendiri?
Siapa yang mereka ikuti?

Social listening merupakan salah satu cara untuk dapat menemukan audience secara tepat sasaran dan mengenal mereka lebih baik. GDILab.com bisa menjadi solusi dalam menjalankan social listening untuk brand atau bisnis Anda.

2. Dengarkan audience

Mendengarkan merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalankan akun media sosial sebuah brand atau bisnis. Dengan mendengarkan audience, Anda dapat mengetahui jenis-jenis content yang paling disukai oleh audience Anda.

3. Gunakan hashtag

Hashtag adalah cara nomor satu untuk membuat content Anda dapat ditemukan oleh audience yang lebih luas. Pada dasarnya, hashtag membantu target audience menemukan Anda. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang benar dan yang salah dalam menggunakan hashtag pada Instagram. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan GDILab.com beberapa waktu lalu tentang Do’s & Don’ts Penggunaan Hashtag di Media Sosial.

4. Tingkatkan engagement

Tingkatkan peluang target audience untuk menemukan content Anda dengan melakukan semua yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan engagement. Semakin banyak likes dan komentar yang Anda dapatkan pada satu postingan, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk bisa muncul di tab explore target audience Anda.

Saat akan membuat sebuah content foto atau video, pikirkan bagaimana Anda bisa mendapatkan akun yang lebih besar, dengan banyak followers untuk menyukai atau memberi komentar pada postingan Anda.

Terakhir, selain foto dan video, tab explore kini juga menampilkan Instagram story dari beberapa akun. Oleh karena itu, jika Anda membuat Instagram story, pastikan Anda memuat tag lokasi dan hashtag terkait. Dengan memberi tag lokasi, akan meningkatkan kemungkinan story Anda dilihat oleh orang-orang yang berada dekat dengan lokasi tersebut. Ini akan membantu audience lokal untuk melihat content dan berinteraksi dengan akun Anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *