Langkah-Langkah Simpel Membuat Strategi Pemasaran Konten

Pemasaran secara tradisional kini tidak lagi dianggap sebagai cara yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada konsumen. Ketika Anda ingin mempromosikan brand Anda, maka melakukan pemasaran di dunia digital sudah menjadi sebuah keharusan. Jika berbicara mengenai pemasaran digital, maka hal ini tidak terlepas dari pemasaran konten.

Setiap bisnis dibangun untuk memecahkan masalah yang dimiliki banyak orang lewat produk atau layanan yang ditawarkan. Bagaimana Anda bisa menunjukkan bahwa produk Anda berguna bagi target konsumen Anda? Pemasaran konten yang baik.

Tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar, pemasaran konten kini juga digunakan oleh bisnis kecil dan startup. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti agar menghasilkan strategi pemasaran konten yang sukses:

1. Berfokus Pada Visi

Setiap bisnis dibangun dengan sebuah visi. Jika Anda membuat konten tanpa ada visi yang matang, maka hal ini akan membuang waktu saja.

2. Tentukan Konsumen

Dengan menentukan siapa target konsumen yang Anda tuju, maka akan lebih mudah bagi Anda membangun konten yang tepat untuk dipasarkan.

3. Meneliti Kata Kunci

Ketika menciptakan produk atau layanan, pastikan Anda tahu persis kata kunci apa yang biasa digunakan target konsumen saat mencari sebuah produk. Hal ini memudahkan Anda membuat keputusan untuk materi tulisan Anda.

4. Ciptakan Tipe Berbeda

Rancang konten Anda dengan tipe yang berbeda dari yang lain. Anda bisa menggunakan infografis, giveaway, dan cara-cara unik lainnya.

5. Membuat Kalender Rencana

Ide-ide brilian Anda dan tim Anda akan lebih teratur dan terjaga jika membuat kalender yang memuat segala rencana materi pemasaran konten.

6. Kembangkan dan Promosikan

Seiring dengan proses berlatih mengembangkan konten yang baik, tidak ada salahnya mulai mempublikasikan konten yang belum sempurna. Anda bisa mempublikasikannya di media sosial brand Anda dan melihat reaksi masyarakat.

7. Lakukan Pengukuran

Coba untuk pantau performa brand Anda di setiap platform media sosial yang brand Anda miliki. Menggunakan social media analytics tools dapat menolong Anda mendapatkan insight yang tepat untuk mengevaluasi pemasaran konten yang telah Anda jalankan. Anda bisa menghubungi GDILab.com, digital analytic tools yang bisa mengukur keberhasilan konten yang Anda pasarkan di media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram. Anda dapat mengetahui konten mana saja yang berhasil mendapat perhatian dari audiens Anda. Media sosial adalah sesuatu yang dinamis, karena itu Anda perlu terus melakukan inovasi pada pemasaran konten agar mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.

Jadi, sudah siap berstrategi?

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook Page, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.