Kiat-Kiat Merespons Komentar di Akun Instagram

Satu hal yang penting untuk diprioritaskan dalam mengelola akun Instagram brand atau produk yaitu merespons komentar. Menanggapi semua komentar di postingan Anda adalah hal penting untuk membangun hubungan dengan audience.

Anda mungkin akan menerima banyak komentar, namun tidak semua dari mereka bisa mendapatkan respons yang sama. Oleh karena itu, hindari jawaban template karena akan memberikan kesan bahwa akun media sosial brand atau produk Anda dikelola oleh robot. Berikut beberapa kiat-kiat yang bisa Anda gunakan untuk membalas komentar audience di Instagram:

Komentar yang berkaitan dengan pujian

Jenis komentar ini merupakan komentar paling umum yang akan Anda terima di setiap postingan. Audience mungkin akan memuji dari segi komposisi, nilai artistik foto, kutipan, atau beberapa aspek lainnya. Jika Anda menghadapi komentar ini, balas dengan sesuatu yang sederhana seperti “terima kasih” atau “Kami sangat senang jika Anda menyukai content yang kami buat”.

Jika mereka menulis komentar secara spesifik atau lebih mendalam, Anda dapat menanggapinya secara lebih personal. Tunjukkan rasa tulus Anda agar mereka bisa memiliki hubungan yang erat dengan Anda. Namun, bagaimana mengatasi komentar pujian spam? Komentar spam biasanya hanya terdiri dari satu kata seperti “good“, “awesome“, “cool“, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih beberapa cara, mulai dari menghapus, mengabaikan, bahkan melaporkan kepada pihak Instagram.

Komentar tentang tanggapan pertanyaan Anda

Apakah Anda mengajukan pertanyaan kepada audience Anda? Atau meminta mereka untuk memberikan saran atau menyebutkan orang lain di kolom komentar? Jika Anda melakukan hal tersebut, Anda benar-benar harus menanggapi mereka dan berterima kasih atas masukan yang mereka berikan.

Dengan menjawab “terima kasih” saja tidak cukup. Oleh karena itu, sebaiknya jawab lebih spesifik dan personal. Misalnya jika mereka memberikan saran yang sangat berarti, Anda bisa menjawabnya dengan, “Terima kasih untuk sarannya yang sangat membangun, akan kami pertimbangkan untuk memperbaiki kualitas produk kami ke depannya.”

Komentar terkait masalah pelayanan

Jika salah satu audience menghubungi Anda di Instagram dengan pertanyaan mengenai pelayanan, Anda harus segera meresponsnya. Jawab pertanyaan mereka seakurat dan sesegera mungkin. Inilah kesempatan Anda untuk menciptakan interaksi yang baik dengan mereka.

Untuk pertanyaan atau masalah yang dihadapi membutuhkan penjelasan secara lebih mendalam, Anda bisa melakukan pendekatan yang lebih personal menanyakan alamat email atau nomor kontak yang bisa dihubungi. Hal ini dapat menunjukkan kepada audience yang lain, bahwa Anda merespons dan menanggapi masalah ini dengan serius.

Komentar audience yang mention atau tag teman

Hal ini sering terjadi di mana seseorang yang mengikuti Anda menyebutkan atau mention orang lain di postingan Anda. Untuk meresponsnya, Anda bisa menjawab “terima kasih telah berbagi dengan teman Anda”. Atau Anda bisa memberikan penghargaan lebih, misalnya dengan memberikan diskon atau voucher tertentu bagi orang yang telah menyebutkan teman-temannya pada postingan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *