Peluang yang akan Anda Lewatkan Jika Tidak Memantau Media Sosial secara Real-Time

Banyak perusahaan menggunakan media sosial hanya karena mengikuti perkembangan tren. Padahal ada begitu banyak peluang yang bisa Anda dapatkan jika dapat memaksimalkan penggunaan media sosial.

Dengan perkembangan yang semakin pesat, saat ini media sosial menjadi salah satu media yang dipilih oleh konsumen untuk mengeluarkan pendapat, kritik, hingga pujian tentang brand atau produk yang digunakannya. Oleh karena itu, media sosial banyak menyimpan informasi terkait konsumen.

Bisa dibayangkan berapa banyak jumlah percakapan tentang brand atau produk yang ada di media sosial setiap harinya? Oleh karena itu, dibutuhkan alat untuk mendengarkan percakapan tersebut. Mengapa penting mendengarkan percakapan konsumen di media sosial?

Inilah beberapa peluang yang akan Anda lewatkan jika tidak memantau percakapan tentang brand atau produk Anda di media sosial secara real time.

1. Memantau komentar negatif untuk manajemen reputasi

Pelanggan mengeluh di media sosial karena mereka ingin didengar. Mereka menginginkan sebuah penjelasan dan juga solusi. Mungkin sedikit menakutkan untuk menghadapi pelanggan yang tidak puas – terutama di media sosial, di mana setiap kata-kata Anda berada di bawah pengawasan publik. Namun tidak merespon akan membuat Anda terlihat tidak peduli. Satu hal yang bisa mematikan bisnis Anda lebih cepat yaitu sikap apatis terhadap konsumen.

2. Memantau pendapat konsumen untuk peningkatan kualitas

Konsumen tahu apa yang mereka inginkan dan butuhkan, sehingga semakin banyak pendapat konsumen yang Anda pertimbangkan, semakin besar pula peluang kesuksesan yang akan brand atau produk Anda dapatkan. Mencari tahu fitur apa yang disukai konsumen tentang brand atau produk Anda dari kompetitor juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas.

3. Memantau kompetitor untuk mendapatkan kesempatan memenangkan persaingan

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel Tips Menghadapi Kompetitor Bisnis dan Alasan Pentingnya Memantau Strategi Pemasaran Kompetitor di Media Sosial, bahwa adanya kompetitor bukan untuk ditakuti atau menimbulkan rasa pesimis. Anda tidak bisa memenangkan kompetisi jika Anda tidak tahu apa yang mereka lakukan, maka sebaiknya jangan hanya memantau percakapan konsumen tentang brand atau produk Anda sendiri, tapi juga kompetitor Anda. Dengarkan apa yang dipikirkan konsumen tentang kompetitor Anda, dan lihat peluang emas apa yang dapat Anda manfaatkan.

4. Memantau percakapan untuk influencer marketing

Di media sosial, seperti Twitter misalnya. Semua tweet adalah setara, namun beberapa tweet lebih di atas dari yang lain. Hal ini bisa dipengaruhi, salah satunya yaitu jumlah followers atau pengikut. Dengan menghubungi GDILab.com, Anda dapat memantau setiap postingan yang menyebutkan akun Anda dan mengindetifikasi orang-orang yang berpotensi menjadi influencer. Dan ketika Anda ingin meluncurkan kampanye terkait produk baru, Anda dapat dengan mudah menemukan sosok yang telah membicarakan tentang produk Anda atau industri Anda dan menghubungi mereka.

Semua orang menggunakan media sosial, tapi banyak yang tidak menggunakannya secara maksimal

Setelah menyimak ulasan di atas, Anda harus peka terhadap semua peluang yang akan Anda lewatkan jika Anda tidak memantau media sosial secara real time. Brand atau produk menggunakan media sosial dengan strategi yang bermacam-macam, namun Anda tidak dapat memaksimalkan media sosial jika Anda tidak tahu kapan orang membicarakan produk Anda dan melakukan interaksi dengan mereka.

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *