Ketahui Hal-Hal yang Paling Diinginkan oleh Konsumen

Bagaimana Anda memahami konsumen Anda? Apakah Anda memahami mereka seperti mereka paham tentang brand atau produk Anda? Saat ini memasarkan sebuah brand atau produk tidaklah mudah, Anda akan bertemu dengan konsumen-konsumen teredukasi yang menginginkan penjelasan detail tentang mengapa harus menggunakan brand atau produk Anda dibanding milik kompetitor sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan. Jika Anda telah mengenal baik karakteristik konsumen, maka hal ini akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan mereka. Berikut beberapa hal yang sebenarnya paling diinginkan oleh konsumen:

Menyukai pelayanan yang baik daripada pelayanan yang cepat

Konsumen lebih menyukai pelayanan yang ramah, menguasai produk, memberikan solusi, daripada sekedar “cepat”. Menunggu lima belas menit namun dengan pelayanan dan kualitas terbaik lebih diinginkan daripada menunggu lima menit namun dengan hasil yang jauh dari kata memuaskan.

Storytelling

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cerita yang dibagikan oleh konsumen kepada konsumen lainnya terbukti lebih ampuh dalam menarik perhatian. Ketika sebuah brand atau produk mempunyai storytelling yang kuat maka dapat dipastikan bahwa brand atau produk tersebut dapat menguasai pasar.

Konsumen akan lebih menghargai, jika Anda dapat mengingat mereka

Bagi konsumen, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada dikenal baik oleh brand atau produk yang mereka gunakan. Pastikan bahwa startup atau UKM yang Anda rintis, mampu mengenal satu-persatu konsumen Anda dengan baik. Misalnya bisa dimulai dengan nama, hobi, atau ketertarikan.

Inovasi dengan mempertimbangkan konsumen

Mengalami kebuntuan dalam berinovasi? Bisa jadi konsumen Anda mempunyai segudang ide yang bisa Anda coba terapkan. Tanyakan kepada mereka apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nilai dari brand atau produk Anda. Dengan mengetahui hal ini, inovasi yang Anda lakukan menjadi tidak sia-sia karena terkadang kita membuat inovasi yang sebenarnya tidak disukai atau dibutuhkan oleh konsumen.

Jika merasa menanyakan satu persatu konsumen Anda terasa melelahkan, cobalah untuk menggunakan metode social listening. Dengan menerapkan social listening, Anda dapat mendengar percakapan yang dibicarakan oleh konsumen di media sosial. Hal ini tentu lebih efektif dari membuat kuisioner atau focus group discussion (FGD) konsumen. Salah satu tools social listening yang bisa Anda gunakan yaitu GDILab.com.

Terus menjalin hubungan

Poin terakhir, pastikan Anda selalu menjalin hubungan dengan konsumen tidak hanya ketika mereka menggunakan brand atau produk Anda. Lakukan maintain hubungan setidaknya dua minggu sekali, bisa dengan mulai menanyakan kabar hingga memberikan informasi terkini tentang produk-produk terbaru. Jika hal tersebut selalu Anda lakukan, bukan tidak mungkin konsumen-konsumen tersebut akan berubah menjadi konsumen loyal Anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *